Penutupan MOSBA; Kilas Kopontren dan Sejarah Bata-Bata

ADMINPESANTREN Rabu, 22 Juli 2020 22:45 WIB
37x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) kembali menggelar acara Masa Orientasi Santri Baru (MOSBA) yang ke dua puluh empat kalinya. Acara tersebut diikuti oleh semua santri baru mulai dari tingkat MI, MTs, SMP, MA dan SMK. Acara yang dimulai pada Senin malam (13/07/2020) tersebut resmi ditutup pada Rabu malam, (22/07/2020) bertempat di lapangan baru Daerah S.

Selain menjelaskan tentang semua undang-undang yang ada di pesantren, pihak panitia dalam hal ini Kasi Kesantrian turut menghadirkan Ustadz Ahmad Siddiq selaku ketua Kopontren Aneka Usaha Bata-Bata (AUBA) guna memaparkan kepada semua santri baru terkait badan usaha yang murni dikelola oleh pesantren. “Saya menjelaskan tentang Kopontren Auba dan aneka usaha yang digelutinya supaya adek-adek santri semuanya bisa tahu apa saja usaha yang ada di Bata-Bata serta ikut berperan memajukan Kopontren Auba”, jelasnya.

Selain menjelaskan tentang semua usaha yang ada di Bata-Bata, Ustadz Shiddiq sapaan akrabnya, juga menghimbau kepada semua santri baru agar rajin menabung, “Jadi kalian itu harus sering menabung di Kopontren agar mempunyai bekal ketika kelak kalian semua akan boyong”. Di akhir penjelasannya seputar aneka usaha Bata-Bata, dia juga mempertontonkan sebuah video klip kepada semua santri baru yang berkaitan dengan Kopontren Auba.

Selain menghadirkan Ketua Kopontren Auba, pihak panitia MOSBA juga mendatangkan KH Ghozali Salim, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Lughah Waddirasah Islamiyah yang juga merupakan alumni Ponpes Muba, untuk memaparkan kepada semua santri baru seputar sejarah Ponpes Muba. Di akhir ceritanya beliau menegaskan kepada semua santri untuk terus menekuni hal-hal baik yang dilakukan selama berada di pondok pesantren hingga saat liburan nanti, “Kalau kalian sering berjemaah di pondok, maka ketika pulang kalian harus berjemaah juga. Lakukanlah semua hal baik yang ada di pondok itu ketika kalian pulang nanti”, pesannya. (Zal)