Mosba Putri; Ajang Mengasah Bakat Santri

ADMINPESANTREN Jumat, 24 Juli 2020 12:58 WIB
255x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Untuk mengembangkan bakat dan minat santri baru, Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) Putri menggelar acara MOSBA (Masa Orientasi Santri Baru) yang khusus diikuti oleh santri baru. Acara yang diselenggarakan di halaman madrasah tersebut dilaksanakan selama empat hari berturut-turut, yakni dimulai hari Senin (13/07/2020) pukul 19:00 WIB sampai Jumat (17/07/2020) pukul 11:00 WIB.

Diadakannya acara MOSBA bertujuan untuk menghibur serta memperkenalkan Ponpes Muba yang meliputi profil, visi serta misi pondok pesantren kepada santri baru. Jumlah santri baru yang mengikuti MOSBA sekitar 540 santri yang kemudian dikelompokkan menjadi 27 kelompok. Masing-masing kelompok dibimbing oleh pembimbing yang berasal dari kalangan pengurus madrasah dan otonom.

Dalam pegelarannya, kegiatan MOSBA kali ini diisi dengan berbagai macam acara, di antaranya pembacaan peraturan pesantren dari Bidang Keamanan dan Bidang Ubudiyah, renungan dan aneka penampilan dari tiap kelompok. Pada kesempatan tersebut, bakat peserta MOSBA yang ditampilkan cenderung bervariasi, seperti show talent, sholawat, puisi, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Madura halus, MC dan masih banyak unjuk kebolehan lainnya.

Dari sekian banyak penampilan yang dipresentasikan oleh masing- masing kelompok MOSBA, diambil 4 kelompok yang diberikan penghargaan sebagai kelompok terbaik, kelompok terkocak, kelompok terkreatif, dan pembimbing kelompok terkreatif.

 “Alhamdulillah, acara MOSBA kali ini berjalan lancar, meskipun ada sedikit kendala. Harapan saya, semoga semua peserta MOSBA dapat mengambil ibroh dari acara ini dan juga mendapat ilmu yang bermanfaat dan barokah fi al-dunya wa al-akhiroh”, tutur ustadzah Anik Rohmani selaku ketua panitia MOSBA. (Fan)