Badan Otonom Dominasi Semifinal Debat Ilmiah

ADMINPESANTREN Selasa, 28 Juli 2020 23:21 WIB
248x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Lomba Debat Ilmiah dalam rangka semarak Getaria (Gema Takbir Idul Adha) telah memasuki babak semifinal. Empat badan otonom melenggang mantap setelah menumbangkan delegasi-delegasi kuat yang berlaga di babak sebelumnya. Babak semifinal kali ini mempertemukan antara LPBA dengan Logis-FB dan M2KD dengan BBC-TNB. Lomba tersebut dilaksanakan di halaman selatan Daerah S, Rabu malam (28/07/2020).

Pada kesempatan kali ini, koordinator lomba Debat Ilmiah sengaja menghadirkan juri dari kalangan alumni dengan kapabilitas keilmuan yang mumpuni. Abdul Bari, M.H. menjadi juri di bidang ketajaman nalar dan ide, sedangkan Mustafa Afif, S.Psi memberikan penilaian seputar akurasi data dan refrensi. Adapun mosi debat yang diangkat yaitu “Kebijakan Mengubah Hagia Sofia menjadi Masjid adalah Kebijakan yang Sangat Tepat” dan “ Pembatalan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila”.

Peserta lomba Debat Ilmiah delegasi dari Logis-FB bernama Moh. Makinun Amin mengutarakan rasa senangnya mengikuti perlombaan debat kali ini. Dia pun turut bersyukur karena bisa berlaga di babak semi final dan berharap bisa masuk ke babak final. “Jujur, saya sebenarnya shock ketika tahu juri di babak semifinal ini dihadirkan dari luar dan penilaiannya sangat objektif serta pertanyaan yang diajukan sangat menggigit. Tapi di balik semua itu, saya puas tampil malam ini dan semoga bisa lolos ke babak final”, ujarnya.

Sementara, di penghujung perlombaan, Koordinator Lomba Debat Ilmiah, Ustadz Nurul Hidayat mengumumkan delegasi yang lolos ke babak final berdasarkan nilai tertinggi pertama dan kedua yang didapatkan oleh delegasi dari M2KD dan BBC-TNB. Sedangkan juara ketiga diraih oleh LPBA setelah puas meraih poin tertinggi ketiga di babak semi final kali ini. (Ans)