Malam Puncak Getaria, Semarak Takbir Idul Adha

ADMINPESANTREN Kamis, 30 Juli 2020 23:22 WIB
845x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Setelah usainya penilaian lomba keasrian di masing-masing daerah dan otonom pada sore arafah tadi, kini Kamis, malam Jumat (30/07/2020) merupakan malam yang penuh makna yaitu malam Gema Takbir Idul Adha (GETARIA) 1441 H. Ribuan santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) sangat antusias menghadiri lapangan Daerah S dengan bergembira dan penuh suka cita.

Dalam malam Gema Takbir Idul Adha kali ini ada banyak rentetan-rentetan acara yang disajikan. mulai dari pembukaaan, tilawah Alquran, lantunan sholawat dan sambutan dari Ketua Dewan ma’hadiyah yang baru, ustadz Nurul Hidayat. Dalam sambutannya, beliau berpesan kepada santri agar berkompetisi secara sehat sembari memperkenalkan diri sebagai Ketua Dewan Ma’hadiyah yang baru, “Sebenarnya saya belum pantas mengisi sambutan, meskipun saya disebut pengurus baru tapi saya belum dilantik”, ucapnya di sela-sela sambutan. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan takbir besama oleh para dewan, kepala sekolah dan anggota Jamiyatul Qurra’.

Selain dihadiri oleh para dewan, kepala sekolah, panitia serta ribuan santri, malam Gema Takbir Idul Adha turut dihadiri langsung oleh Dewan A’wan Ponpes Muba, RH. Moh. Thohir Abd. Hamid, RH. Sholihul Hidayat, Wakil Bupati Pamekasan, Raja’i, anggota DPRD Kabupaten Pamekasan, Ismail A. Rahim, dan pengasuh Pondok Pesantren Mauidzul Amin Bunangkah, KH. Amin Rifki.

Dalam sambutannya, RH. Moh. Thohir Abd. Hamid menyampaikan bahwa esensi Idul Adha sangat identik dengan pengorbanan. “Kalian (red. santri) jangan sedih hanya karena tidak bisa berkumpul dengan keluarga, itu adalah pengorbanan, korban perasaan. Dan itu, masih belum sebanding dengan pengorbanan Nabi Ibrohim dan Ismail dulu. Kita harus lebih banyak berkorban lagi, kita harus giat mengorbankan berbagai hal, jika kita memang ingin maju”, dauh beliau. (San)