OSMA Tingkatkan Literasi Santri Bata-Bata

ADMINPESANTREN Senin, 31 Agustus 2020 22:46 WIB
247x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Dalam rangka meningkatkan kemampuan serta kepedulian santri terhadap literasi, Organisasi Siswa Intra Sekolah Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Bata-Bata (OSIS MA MUBA) menggelar pelatihan jurnalistik. Pelatihan yang diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas dan utusan badan otonom tersebut bertempat di aula madrasah barat dan dilaksanakan dalam dua kali tatap muka yakni Kamis malam (27/08/2020) dan Senin malam (31/01/2020).

Pengurus OSIS MA MUBA dalam pelatihan tersebut menghadirkan Kasi Literasi dan Informasi Pondok Pesantren, Ustadz Moh. Abdul Majid Al Ansori. Dalam kesempatannya, Ustadz Majid –sapaan akrabnya- membagi materi jurnalistik ke dalam 2 bagian besar sesuai dengan jumlah tatap muka yang disediakan panitia. Pada sesi pertama (red. Kamis malam), disuguhkan materi jurnalistik berkenaan dengan news atau berita, sementara sesi kedua (red. Senin malam), materi yang dibahas berupa views atau gagasan.

Di samping itu, Ustadz Majid turut memperkenalkan media tulisan yang ada di Ponpes Muba dan rubrik apa saja yang bisa diisi oleh santri. “Ada banyak sekali wadah atau media yang disediakan oleh pondok pesantren untuk memuat tulisan santri-santri sekalian. Kita punya buletin mingguan, majalah bulanan, mading setengah bulanan, dan website pesantren. Kalaupun di website santri bisa mengisi opini, resensi, profil, berita, bahkan konsultasi hukum”, jelasnya.

Ustadz Majid turut menghimbau seluruh peserta agar giat membaca untuk senantiasa meningkatkan kemampuan dalam hal tulis menulis. “Namun, semuanya tentu akan bermuara pada apa yang kita baca. Ingat, kebiasaan-kebiasaan baik di pondok pesantren ini perlahan sudah mulai dijalani, mulai kebiasaan hidup sehat, kebiasaan menjaga lingkungan, ibadah, dan lainnya, tinggal kebiasaan membaca dan menulis yang perlu kita mulai”, pesannya. (Ans)