New Fatwa Edisi 17; Dalami Tema Pekan Ngaji 5

ADMINPESANTREN Ahad, 13 September 2020 09:02 WIB
129x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Setelah lama tidak terbit akibat dampak pandemi Covid-19 dan reformasi pengurus pesantren, Majalah New Fatwa Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) kembali hadir dan siap diluncurkan di pasaran mulai hari ini, Ahad, (13/09/2020).

Majalah New Fatwa edisi ke 17 kali ini mengangkat tema “Think Global Act Local; Sinergi antara Ruang Lokal dan Dunia Global”. Sekilas tema yang diangkat selaras dengan tema Pekan Ngaji 5, hal itu didasari untuk semakin mendalami maksud dan tujuan di balik terselenggaranya Pekan Ngaji 5 dengan tema yang diusung tersebut.

Berkenaan dengan hal itu, jajaran redaksi Majalah New Fatwa langsung mewawancarai Direktur Utama Pekan Ngaji, RH. M. Thohir Abd. Hamid. Dalam wawancaranya – sebagaimana disebutkan pada rubrik wawancara halaman 40 – RH. M. Thohir Abd. Hamid mengungkapkan bahwa think global act local ibarat fardhu kifayah dan fardhu ‘ain. “Think Global itu fardhu kifayah, sementara act local itu fardhu ‘ain. Intinya kami berharap anak-anak dan masyarakat kita melek terhadap sesuatu yang terjadi di bumi ini karena kita tidak hidup sendirian”, papar beliau.

Sementara itu, pimpinan redaksi New Fatwa, Ustadz Syahin Jalal, mengungkapkan permohonan maaf atas keterlambatan terbit pada edisi kali, “Harusnya edisi kali ini menjadi edisi spesial. Sebab, bila sesuai jadwal, edisi 17 ini semestinya terbit pasca pagelaran Pekan Ngaji 5. Terlebih di edisi kali ini pula, terdapat beberapa liputan khusus dan rubrik-rubrik yang cukup inovatif. Namun, karena terkendala pandemi Covid 19 awal Maret lalu, akhirnya hingga bulan September ini kami bisa menerbitkannya. Semoga keterlambatan ini tidak mengurangi minat pembaca sekaligus nilai spesial yang kami maksudkan tadi”, jelasnya. (Ans)