Ngaji Esai Bareng Dosen Ilmu Komunikasi

ADMINPESANTREN Sabtu, 19 September 2020 17:32 WIB
160x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata — Kegiatan Sekolah Jurnalistik X hari ini, Sabtu (19/09/20) berupa materi kepenulisan esai. Untuk mengisi materi esai ini, panitia menghadirkan seorang penulis esai, opini, dan buku yang telah diterbitkan di media maupun penerbit ternama. Pemateri yang bernama lengkap Sihabuddin, S.I.Kom. M.I.Kom tersebut merupakan dosen muda ilmu komunikasi sekaligus alumni Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba). Ngaji esai yang berkisar 1 jam lebih tersebut, bertempat di lokasi yang sama yaitu Aula Perpustakaan Al-Majidiyah.

 Dengan semangat, pemateri menjelaskan secara rinci tentang kepenulisan esai. Mulai dari definisi esai, struktur esai, jenis-jenis esai dan hal lain yang berkenan dengan esai disampaikan secara beruntun, “Tidak ada perbedaan mendasar soal esai, opini, dan kolom. Sebab hampir semua karangan itu esai, karena sudut pandangnya tunggal,” jelas Bapak Sihabuddin kepada para peserta.

Di tengah-tengah pemaparannya, ia turut mengutarakan kata bijak yang dikutip dari Tuan Pramok, untuk menselingi pertanyaan salah satu peserta yang bertanya seputar kepiawaian seseorang dalam mengungkap gagasan secara verbal namun lemah secara tulisan, “Walaupun pandai setinggi langit, kalau tidak menulis maka akan ditinggalkan oleh zaman,” ucap beliau. (San)