M2KD Putri Gelar Bahstul Masail

ADMINPESANTREN Sabtu, 10 Oktober 2020 22:29 WIB
452x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Muba Putri

Bata-Bata – Majelis Musyawarah Kutubud Diniyah (M2KD) Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) Putri kembali menggelar bahstul masail yang dilaksanakan di salah satu ruang kelas madrasah aliyah putri, Sabtu malam (10/10/2020) pukul 20.00 WIB.

Bahtsul masail bertujuan untuk meningkatkan semangat anggota M2KD dalam menggali hukum terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar. Di samping itu, dengan bahtsul masail diharapkan para anggota M2KD dapat terasah kualitas berpikirnya.

Sebagai agenda rutinitas, bahtsul masail biasanya diagendakan dua kali setiap tahunnya. Waktu pelaksanaan memang terbilang kondisional, sebab event ini digelar apabila terdapat beberapa pertanyaan atau permasalahan besar yang perlu dibahas lebih rinci dan detail.

Pada kesempatan bahtsul masail kali ini, diikuti oleh seluruh anggota M2KD dari tiap komisi yang beranggotakan 70 santri dan dibagi menjadi dua ruangan. Masing-masing ruang terdiri dari 6 kelompok dengan varian keanggotaan yang berbeda-beda.

Layaknya mekanisme bahtsul masail pada umumnya, moderator terlebih dahulu membacakan pertanyaan yang diangkat untuk dijadikan objek permasalahan. Dilanjutkan kemudian dengan tahqiq soal dan ajwibah sailah. Setelahnya, para peserta mengajukan pendapat yang disertai dengan ibrah atau ta’bir untuk menguatkan pendapatnya kepada muharrir, untuk kemudian di-tashih oleh mushohhih. Sementara yang bertindak sebagai moderator, muharrir, maupun mushohhih, mengundang beberapa asatidz jebolan M2KD Putra.

“Diadakannya bahstul masail ini sangat penting untuk menambah ilmu pengetahuan juga menambah wawasan yang itu sangat dibutuhkan di lingkungan sekitar,” ucap Aminatur Rohmah selaku Kasi. Musyawarah M2KD Putri. (Fan/Red)