Siswa MA Sains Raih Medali Perunggu Matematika Nasional

ADMINPESANTREN Ahad, 11 Oktober 2020 19:50 WIB
773x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Prestasi Santri

Bata-Bata – Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) kembali meraih prestasi bergengsi. Tidak di bidang kutubiyah ataupun keagamaan, justru prestasi kali ini hadir dari ajang Kompetisi Sains Madrasah tingkat nasional dengan tajuk “Madrasah Olympiad Contest (MOC) 2020”. Kompetisi yang terdiri dari bidang ilmu biologi, fisika, kimia, matematika, ekonomi, dan geografi terintegrasi tersebut digelar oleh Pusat Kompetisi Sains EduCamp, Sabtu-Ahad (12-13/09/2020).

Prestasi tersebut berhasil disabet oleh siswa Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Bata-Bata kelas XI Program IPA Sains atas nama Royhanul Hakim. Berdasarkan pembinaan khusus dari guru pembimbing, saudara Royhan – sapaan akrabnya – berhasil meraih medali perunggu dalam kategori bidang matematika terintegrasi. Siswa kelahiran Pamekasan 22 Juni 2004 tersebut mengungguli 1541 peserta lainnya sebagai delegasi dari ratusan Madrasah Aliyah se-Indonesia.

Ustadz Badrus Syamsi, selaku Kepala Bimbingan Konseling yang juga turut mengurusi pembinaan-pembinaan lomba menuturkan bahwa pencapaian ini akan menjadi modal penting bagi madrasah untuk berkiprah di kompetisi selanjutnya yang resmi diadakan oleh pemerintah. “Prestasi kali ini meskipun hanya diadakan oleh lembaga swasta, namun dengan skala nasionalnya, kami berharap agar menjadi modal penting dan memicu semangat siswa dan guru pembina untuk melanjutkan tren positif ini di perlombaan KSM resmi yang diadakan oleh pemerintah,” paparnya.

Sementara, di lain pihak, saudara Royhan menjelaskan bahwa apa yang ditorehkannya saat ini tidak boleh hanya dilihat hasilnya. Sebab, banyak sekali proses jatuh bangun yang ia lewati. Mulai dari selalu tersingkir di beberapa perlombaan sejenis, meluangkan waktu untuk mengisi bimbingan belajar matematika, hingga harus membagi waktu tidur untuk terus berlatih mengerjakan soal. “Jujur ini tidak mudah. Saya pun sempat pesimis untuk ikut karena sudah pernah gagal. Namun, berkat dukungan dan antusias guru pembimbing serta pengelola madrasah, saya memaksakan diri untuk ikut serta. Alhamdulillah, pengorbanan saya mulai dari mengikuti bimbingan dan latihan mengerjakan soal, akhirnya terbayar,” jelasnya. (Ans/Fud)

Biodata Santri

Nama : Royhanul Hakim

Tetala : Pamekasan, 22 Juni 2004

Kelas : 11 IPA A1 Sains

Alamat : Bicorong Pakong Pamekasan

Nama Ayah : Sifa’

Ibu : Haridah

Prestasi : Medali Perunggu Cabang Matematika Terintegrasi Tingkat Nasional