IKABA-IMABA Yogyakarta Rayakan Maulid dan Santuni Anak Yatim

ADMINPESANTREN Jumat, 6 November 2020 23:00 WIB
290x ditampilkan Galeri Headline Berita

Yogyakarta – Perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW atau yang lebih dikenal dengan Maulid Nabi kembali digelar oleh IMABA (Ikatan Mahasiswa Bata-Bata) Yogyakarta. Perayaan maulid nabi tersebut dirayakan pada Jumat malam, (6/11/2020) pukul 19:30-22:00 WIB. Acara tersebut dilaksanakan di OMAH PMII, Yogyakarta. Maulid kali ini berkolaborasi dengan IKABA (Ikatan Alumni Bata-Bata) Yogyakarta dengan tema “Bermaulid dan Meningkatkan Nilai Sosial di Masa Pandemi”.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota IMABA JOGJA dan IKABA JOGJA. Turut hadir pula berbagai instansi seperti, Orpes (Organisasi Pesantren), Orda (Organisasi daerah), Sesepuh Madura yang berdomisili di Yogyakarta, dan pengurus demisioner Imaba Jember.

Acara maulid dan bakti sosial kali ini mengundang anak-anak yatim dari PP. Darun Najah. Ada beberapa rentetan acara pada malam tersebut, di antaranya, pembacaan Shalawat Barzanji yang merupakan salah satu acara yang wajib ada saat perayaan maulid nabi, dan ada juga acara pemberian bingkisan kepada anak yatim dan juga pemberian simbolis dari ketua panitia dan koordinator wilayah kepada ketua panti yang mana pada saat itu diwakili oleh Moh. Robert Syaiful Islam.

Acara tersebut juga turut mengundang Bapak Mambaul Bahri, S.Th.I. selaku ketua PW NU daerah Yogyakarta untuk menjadi pemateri pada acara tersebut. Beliau mengatakan “Acara yang diadakan kali ini sangat bagus, karna di tengah-tengah pandemi saat ini, kalian dapat merayakan kelahiran nabi Muhammad Saw dan juga mencontoh salah satu akhlak beliau yaitu bersedekah”, tuturnya.

“Harapan dengan adanya acara kali ini, kita berkumpul bersama-sama merayakan maulid Nabi, bukan hanya sekedar perayaan dan memperingati setalah itu selesai. Akan tetapi dengan merayakan maulid Nabi bisa menambah kecintaan kita kepada Nabi dan kita bisa flashback lagi bagaimana beliau memperjuangkan agama khususnya nilai-nilai keislaman dan membawa akhlaq yang terpuji. Sehingga apa yang beliau lakukan harus kita ikuti dan kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Insyaallah dengan adanya acara ini selain merupakan bentuk upaya kita meneladani Rasulullah SAW, juga menjadi modal sosial yang sangat berharga bagi kita semua terutama di masa pandemi kali ini,” ujar Ainul Yaqin ketua panitia, di sela-sela sambutannya.

Miftahul Arifin, Koordinator Wilayah DPW IMABA JOGJA, menyampaikan bahwa "Perayaan maulid kali ini mungkin berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan perayaan maulid pada malam ini merupakan acara kolaboratif antara IMABA dan IKABA. Hal tersebut menjadikan cerminan bahwasanya antar IMABA dan IKABA mempunyai pola koordinasi yang baik. Mengingat tema "Bermaulid dan Meningkatkan Nilai Sosial di Masa Pandemi"  tersebut, mencerminkan bahwa pandemi yang sering kita kambing hitamkan, pandemi yang digadang-gadang sebagai penyebab tidak terlaksananya program kerja, pada kenyataannya tidak demikian. Adanya acara pada malam hari ini menunjukkan bahwasanya IMABA dan IKABA masih eksis dalam kondisi apapun," jelasnya. (Hafid)