Pesantren Sambut Santri dengan Protokol Kesehatan

ADMINPESANTREN Senin, 9 November 2020 18:19 WIB
318x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Proses kembalinya santri ke Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba), Senin, (09/11/2020) berlangsung aman dan lancar. Santri kembali ke Ponpes Muba terhitung sejak pukul 07.00 WIB hingga 16.30 WIB, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pengurus pondok pesantren.

Secara teknis, santri yang berasal dari luar Pulau Madura dijadwalkan kembali pada pukul 07.00 WIB sampai 12.00 WIB, sementara santri yang berasal dari Madura dijadwalkan kembali ke pesantren selambat-lambatnya pukul 16.30 WIB. Ketentuan ini diberlakukan oleh Dewan Ma’hadiyah Ponpes Muba untuk menghindari kerumunan massa.

Selain itu, dalam upaya penerapan protokol kesehatan, santri yang kembali ke Ponpes Muba diwajibkan menjalani serangkaian mekanisme setibanya di kawasan pondok pesantren, mulai dari penggunaan masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, hingga pengecekan suhu tubuh santri. Bahkan, setiap santri juga dilengkapi dengan surat keterangan sehat yang dibawa langsung dari daerah asal masing-masing.

Kasi Kesantrian Ponpes Muba, Ustadz Abdus Salam menuturkan bahwa penerapan mekanisme yang sudah diatur oleh pesantren bukan untuk mempersulit kembalinya santri ke pondok pesantren, melainkan sebagai bentuk ikhtiar pondok pesantren dalam upaya pencegahan Covid 19. “Mekanisme ini tidak untuk mempersulit, melainkan upaya untuk keselamatan kita bersama. Lagi pula, surat pernyataan sehat maupun surat pernyataan tidak bepergian ke daerah zona merah mudah didapat baik melalui kepala desa atau puskesmas setempat”, ujarnya. (Ans)