Raih Juara I Go Green Pesantren, Bersiap Wakili Pamekasan

ADMINPESANTREN Kamis, 26 November 2020 08:53 WIB
1425x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) kembali meraih prestasi yang membanggakan. Tidak berasal dari santri secara individual, melainkan secara kolektif atas nama pondok pesantren. Prestasi itu berupa juara I lomba Go Green Pesantren dalam rangka memperingati Hari Jadi Pamekasan ke-490, yang diselenggarakan sejak Selasa, (20/10/2020) sampai Jumat, (30/10/2020).

Lomba Go Green Pesantren tersebut dikoordinir oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan. Ada tiga jenis kriteria penilaian meliputi Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Pesantren, Pengelolaan Sarana Pendukung Sanitasi Lingkungan, dan Pengelolaan Sampah. Setidaknya, ada sekitar 40 pesantren di Kabupaten Pamekasan yang ikut serta dalam perlombaan tersebut. Dimana 40 pesantren itu, dibagi menjadi dua kategori, kategori I untuk pesantren dengan jumlah santri lebih dari 700 orang, dan kategori II untuk pesantren dengan jumlah santri kurang dari 700 orang.

Pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) yang tergabung ke dalam kategori I berhasil menyabet juara pertama. Atas capaian tersebut, Ponpes Muba berhak atas hadiah utama berupa mobil pic up sampah dan menjadi wakil Kabupaten Pamekasan di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Ustadz Abdus Salam selaku ketua panitia Eko Pesantren Muba menjelaskan bahwa tidak banyak persiapan yang dilakukan dalam keikut sertaan Ponpes Muba pada perlombaan tersebut. Sebab, keadaan lingkungan pesantren yang bersih dan rapi sudah terjaga dan terorganisir, serta pengelolaan sampah sudah mendapatkan perhatian serius sejak lama. “Sejujurnya, kami tidak banyak melakukan persiapan. Kami hanya melakukan beberapa perbaikan dan persiapan kecil seperti membuat slide presentasi untuk ditampilkan di hadapan penilai. Sebab, Bata-Bata sejak lama sudah mulai berupaya untuk meningkatkan kebersihan lingkungannya, dan pengelolaan sampahnya juga sudah diatur. Jadi kami hanya melengkapi hal-hal yang kurang dan akan dinilai”, jelas Ustadz yang juga merangkap jabatan sebagai Kasi Kesantrian Pondok Pesantren tersebut.

Di lain pihak, Kabid. Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren, Ustadz Makinun Amien, menuturkan harapan pesantren ke depannya setelah diraihnya Juara I lomba Go Green Pesantren tersebut, “Tentu kami berharap agar kebanggaan ini bisa kami pertahankan. Kami sebagai juara I secara otomatis akan menjadi peserta delegasi Pamekasan untuk maju di kancah Jawa Timur. Maka selain menjadi kebanggaan, hal ini pun menjadi beban dan tanggung jawab besar bagi kami. Jadi kami harap kesadaran dan upaya kontrit terkait penghijauan, kebersihan, dan keasrian lingkungan mampu ditingkatkan oleh semua elemen pondok pesantren. Karena, sejatinya menjaga lingkungan adalah kewajiban kita semua”, papar ustadz yang menempuh pendidikan pasca sarjana di UMS tersebut. (Ans)