Mahasiswa Bata-Bata Sabet Medali di Luar Negeri

ADMINPESANTREN Senin, 30 November 2020 22:37 WIB
2315x ditampilkan Galeri Headline Berita

Kairo, Mesir – Seorang mahasiswa alumni Bata-Bata berhasil kembali mengharumkan almamaternya. Abdul Qodir Jailani sukses menjadi juara pertama dalam Olimpiade Bahasa Arab kategori Lomba Musabaqoh Syarhil Kitab yang diselenggarakan oleh Persatuan Pelajar Mahasiswa Islam Mesir (PPMI Mesir) Zhafera 2020.

Acara tersebut merupakan olimpiade yang diselenggarakan oleh Zhafera sebagai angkatan mahasiswa Indonesia di Mesir angkatan 2020. Pesertanya diambil dari kekeluargaan mahasiswa Indonesia di Mesir (MASISIR). Berlangsung dari tanggal 19-29 November 2020 dan bertempat di Wisma Nusantara. Terdiri dari berbagai kategori lomba seperti Pidato Bahasa Arab, Ghina Aroby, Debat Bahasa Arab, serta Syarhil Kitab.

Qodir, sapaan akrabnya menjadi salah satu perwakilan delegasi dari kekeluargaan Mahasiswa Jawa Timur dan juga Imaba Mesir. Setelah melewati babak penyisihan melawan peserta dari berbagai delegasi, Qodir berhasil mendapatkan poin unggul, lalu masuk ke babak final. Puncaknya dia sukses menyabet juara pertama dengan kitab Fan ilmu Tauhid berjudul Tuhfatul Murid Fii Syarhi Jauhari Tauhid.

Tentunya perjuangan Qodir tidak semudah menuliskan berita prestasinya. Dia mengaku pernah patah harapan karena kondisi ekonomi. Namun, dia tetap percaya dan berusaha hingga bisa sampai ke Negeri Piramida. “Allah punya banyak cara untuk memberikan kejutan kepada hambanya. Percayalah bahwa berdoa dan tak berhenti berusaha adalah jalan untuk mendapatkan kejutan itu, karena Tuhan tidak akan pernah mengingkari janji-Nya,” pesannya dalam keterangan tertulis. (JF/)