VSS II Bahas Kiat-Kiat Membuat Jurnal

ADMINPESANTREN Sabtu, 26 Desember 2020 17:05 WIB
111x ditampilkan Galeri Headline Berita

Setelah Virtual Sharing Session (VSS) tahap pertama sukses dilaksanakan pada bulan lalu (29/11), kali ini, pada hari Sabtu (26/12) AKSARA Puteri IMABA kembali mengadakan VSS kedua terkait kiat-kiat membuat jurnal yang baik. Webinar yang dihadiri kurang lebih 100 partisipan tersebut dihadiri pemateri alumni beasiswa LPDP sekaligus alumni dan asisten penelitian dosen di University of Melbourne Australia, Putri Fatkhiyatul Ulya, S.T., M.EngMgt.

Selama webinar berlangsung, para partisipan khidmat mendengarkan setiap poin yang disampaikan oleh Putri, salah satunya mengenai kiat atau tips yang baik dalam penulisan ilmiah, yaitu:

1. Mencari masalah yang disukai dan mempunyai passion yang solutif dalam menyelesaikannya.

2. Menyusun metode dan struktur berpikir yang jelas.

3. Cerdas dalam menciptakan suasana berpikir yang harmonis untuk menghasilkan ide yang dinamis

4. Berani start menulis

5. Be consistence. Be relevant. Write as clear as possible.

Webinar via zoom tersebut dimulai dari pukul 15.00-16.00 WIB. Di pertengahan sesi sharing, terdapat salah satu pertanyaan mengenai sikap bijak saat berada di situasi terpentok antara ide mahasiswa dengan pendapat dosen dalam menyusun sebuah tulisan. Dalam hal ini, Putri menegaskan bahwa untuk meminimalisir kejadian tersebut maka seorang mahasiswa perlu mencari dosen yang fleksibel dengan dirinya. “Kalau misalnya orang pada dasarnya udah fleksibel mereka pasti mau dengerin, mereka pasti mau belajar bareng,” ujarnya.

Selain itu, terkait sikap yang seharusnya diterapkan ketika rumusan masalah atau topik sebuah tulisan yang ada justru terkesan baru atau langka dan ditetapkan lebih dahulu oleh pembimbing, menurut Putri, sikap yang baik adalah excited dan bangga sebagai peneliti pertama. Namun, bisa juga dengan negosiasi atau berdiskusi untuk sebuah dispensasi jika benar-benar tidak ada passion terkait topik baru tersebut.

Selanjutnya, Putri juga memberi tips untuk tidak mudah bosan membaca jurnal. “Bosan baca jurnal adalah sebuah keniscayaan, ketika sudah gak interest baca badan isi tulisannya, baca abstraknya kemudian kesimpulannya,” tambahnya.

Kemudian, Putri juga membumbui akhir sharing dengan motivasi. “Kita harus benar-benar mencari ‘alasan’ dalam diri kita, kenapa kita mau melakukan hal itu. Kalau kita punya strong willed (berkemauan keras), insha Allah mau batu segede apapun, kita pasti bisa lanjut.” Imbuhnya. (May)