Seksi Literasi Gelar Seleksi Pra Malam Literasi

ADMINPESANTREN Ahad, 3 Januari 2021 22:10 WIB
95x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) kembali menghadirkan kegiatan literasi dengan tajuk malam literasi santri. Setelah sukses diadakan bulan Oktober lalu, Januari kali ini kegiatan malam literasi santri hadir dengan tampilan baru. Selain diisi dengan presentasi buku dan kitab, malam literasi santri juga dimeriahkan dengan pentas debat ilmiah. Seluruh peserta yang resmi terdaftar diseleksi terlebih dahulu dan diadakan pada Ahad, (3/1) di perpustakaan Al-Majidiyah.

Dari puluhan santri yang mendaftar, dalam kategori presentasi buku diambil 5 terbaik, sementara kategori debat ilmiah diloloskan 4 tim terbaik, yang kesemuanya akan tampil dan saling beradu argumentasi di malam puncak literasi santri, Senin malam (4/1). Kasi. Literasi dan Informasi Ponpes Muba, Ustadz Zainullah menuturkan alasan perubahan mekanisme dan format malam literasi santri bulan ini, “Perubahan ini merupakan hasil evaluasi bersama seksi literasi pesantren bersama ketua Dewan Ma’hadiyah. Agar semakin meriah, kami menambah event debat, dan agar malam puncak literasi terasa lebih kompetitif, kami pun mengadakan seleksi”, tuturnya.

Abd. Syakur, salah seorang peserta debat ilmiah mengungkapkan rasa gembiranya setelah berhasil lolos ke babak semi final debat ilmiah, “Alhamdulillah kami bisa masuk semi final, 4 besar ya. Dan tentu tantangan di babak semifinal akan jauh berbeda karena kami akan ditonton oleh ribuan santri. Jadi kami harus melakukan banyak persiapan,” ungkap peserta delegasi dari Starnom tersebut.

Peserta yang berhasil lolos ke malam puncak literasi santri adalah delegasi dari BBEC, daerah M1, daerah C, dan badan otonom Hukum dalam kategori presentasi buku, serta BBEC, Starnom, M1, dan ABED dalam kategori debat ilmiah. (Ans)