Malam Literasi Santri, Hadirkan Konsep Baru

ADMINPESANTREN Senin, 4 Januari 2021 23:18 WIB
548x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Kasi Literasi Dan Informasi

Bata-Bata – Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) kini mengadakan malam literasi santri dengan tajuk presentasi buku dan debat ilmiah guna membentuk pribadi santri sebagai seseorang yang berani dan berwawasan luas. Dengan memberanikan diri untuk naik ke atas panggung dan menyampaikan apa yang telah dibaca di depan ribuan santri-santri lain, sudah menjadi langkah awal menciptakan generasi yang hebat. Acara tersebut diselenggarakan langsung  pada Senin malam, (04/01/21) di lapangan Blok S.

Diselenggarakannya acara malam literasi santri ini tentunya selain ingin melatih mental dan wawasan santri, juga diharapkan dapat mendorong santri-santri lain yang masih minder atau minat bacanya minim, agar bisa berubah setelah melihat teman-temannya berani tampil di depan umum. “Alhamdulillah, malam literasi santri bulan ini terasa lebih kompetitif dan pastinya tidak memakan banyak waktu. Sebab, presentator yang tampil malam ini adalah 5 presentator terbaik setelah diseleksi dari sekian banyak pendaftar,” jelas seksi literasi dan informasi, Ustadz Imam Mahalli.

Menariknya, tidak hanya presentasi buku yang disajikan pada pagelaran malam literasi bulan ini seperti halnya malam literasi bulan Oktober lalu. Para santri juga disuguhkan dengan kontes debat ilmiah 4 delegasi terbaik yang telah diseleksi sebelumnya dan berhak lolos ke babak semi final. Debat ilmiah memang menjadi tontonan seru dan menarik untuk dikonsumsi santri, apalagi tema yang diangkat sangat bersentuhan dengan kehidupan mereka.

Di akhir acara tersebut, dewan juri memberikan hadiah kepada para presentator buku terbaik dan pemenang debat ilmiah. Hadiah langsung diberikan oleh Ka. Dewan Ma’hadiyah, Ustadz Nurul Hidayat. Sebelum menutup acara, Ustadz Nurul Hidayat terlebih dahulu memberikan prakata singkat dalam rangka memberikan sugesti betapa pentingnya acara malam literasi kepada semua santri. “Saya harap agar samua santri antusias mengikuti acara ini. Jangan lihat cover, hadiah, dan materinya saja, akan tetapi lihat apa yang akan dihasilkan. Jangan sia-siakan waktu kalian hanya dengan duduk dan menonton saja, tanpa mendapatkan hasil apa-apa,” pungkasnya. (Ko)