Kegiatan Ubudiyah, Dalami Hakikat Wudhu dan Shalat

ADMINPESANTREN Selasa, 5 Januari 2021 23:02 WIB
261x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata — Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) mengadakan kegiatan ubudiyah yang bertajuk ‘tata cara berwudhu dan tata cara melaksanakan shalat dengan baik dan benar.’ Acara ini diselenggarakan langsung di dua tempat berbeda yakni mushalla utama putra dan halaman Majelis Musyawarah Kutubuddiniyah (M2KD) pada Selasa malam, (05/01/2021).

Dari dua tempat pelaksanaan, santri yang duduk di jenjang Madrasah Ibtidaiyah A, Madrasah Tsanawiyah A, dan Sekolah Menengah Pertama diletakkan di halaman M2KD dengan menghadirkan Ustadz Hamiduddin, salah seorang alumni Ponpes Muba sekaligus tenaga pengajar di MA Muba. Sementara untuk santri dari jenjang Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Tsanawiyah B, dan Madrasah Ibtidaiyah B diletakkan di mushalla yang diisi oleh Ustadz Hasin, yang juga merupakan salah seorang alumni sekaligus guru di MA Muba.

 Kegiatan yang dilaksanakan setelah kajian Jurmiyah dan Kailani tersebut, diadakan untuk meningkatkan pengetahuan santri yang masih belum mengerti secara keseluruhan dan untuk menambah wawasan mereka tentang hakikat wudhu’ dan shalat yang sebenarnya. Santri juga dikenalkan langsung dengan prakteknya agar tidak lagi melakukan kesalahan-kesalahan saat berwudhu maupun salat.

Para pengisi kegiatan ubudiyah ini menyampaikan kepada seluruh santri tentang pentingnya wudhu dan menyarankan mereka untuk selalu berwudhu. Sebagaimana yang disampaikan ustadz Hamiduddin, “Di antara keutamaan-keutamaan orang yang selalu berwudhu’ yaitu, pertama; bisa menghapus dosa-dosa kecil, kedua; bisa menolak musibah, ketiga; memudahkan kita untuk menghafalkan ilmu, keempat; memudahkan rizki, dan kelima; menyinarkan wajah orang yang selalu berwudhu”, ungkapnya kepada seluruh santri.

Ustadz Ahmad Hasinuddin, Selaku Kasi. Ubudiyah mengutarakan bahwa kegiatan ini akan rutin diadakan untuk semakin memperkaya santri berkenaan tata cara ibadah yang benar. “Kegiatan ubudiyah ini memang merupakan program yang dirancang oleh seksi ubudiyah pesantren. Kami pun berencana untuk rutin mengadakannya sebulan sekali, paling tidak tiga bulan sekali”, paparnya. (Ko)