Bulan Februari, Peserta Malam Literasi Santri Membludak

ADMINPESANTREN Senin, 8 Februari 2021 22:54 WIB
374x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Kasi Literasi Dan Informasi

Bata-Bata – Mengembangkan serta membudidayakan literasi dari bilik pesantren tidaklah mudah. Namun, hal tersebut senantiasa diupayakan oleh seksi Literasi dan Informasi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba). Hal itu dibuktikan dengan diselenggarakannya pagelaran malam literasi santri bulan Februari yang ditandai dengan seleksi peserta presentasi buku dan debat ilmiah yang digelar Senin malam (8/2) di aula Perpustakaan al-Majidiyah.

Sebanyak 100 santri ikut andil dalam pelaksanaan malam literasi santri bulan ini dengan perincian 66 peserta dalam kategori presentasi buku dan 17 peserta beranggotakan dua orang dalam kategori debat ilmiah. Antusiasme peserta pada pagelaran malam literasi santri kali ini terbilang tinggi. Pasalnya, malam literasi santri bulan Februari menjadi ajang malam literasi santri terakhir sebelum liburan pondok pesantren. Sebab, pada bulan Maret depan, Ponpes Muba telah memiliki agenda akbar tahunan yaitu Pekan Ngaji 6. “Alhamdulillah, bulan Februari ini peserta malam literasi santri sangat banyak. Bahkan, sampai waktu pendaftaran ditutup pada Jumat kemarin, masih ada santri yang hendak berpartisipasi. Mungkin karena ini malam literasi santri terakhir sebelum liburan, jadi mereka (santri red) sangat antusias”, tutur Ustadz Fauzan Syakir selaku seksi Literasi dan Informasi Pondok Pesantren.

Secara teknis, pagelaran malam literasi santri bulan Februari kali ini tidak jauh berbeda dengan bulan Januari lalu. Hanya saja, panitia mengklasifikasikan presentasi buku menjadi dua kategori untuk tingkatan MTs/sederajat dan MA/sederajat. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan daya saing yang sehat dan sportif. “Teknisnya tidak banyak berubah dengan bulan lalu. Hanya untuk presentasi, kami bagi dua kategori untuk santri jenjang MTs dan MA. Sebab, kami menilai bahwa siswa MTs merasa minder untuk bersaing dengan kakak tingkatnya”, ujar Ustadz Fauzan Syakir menambahkan.

Selanjutnya, pagelaran malam literasi santri tahap final yang menampilkan peserta-peserta terbaik dari tiap kategori akan dilaksanakan seminggu kemudian, Senin (15/2) di lapangan selatan daerah S dan ditonton oleh seluruh santri secara umum. (Ans)