VSS Putri IMABA Ke-3; Cerita Mahasantri Maroko

ADMINPESANTREN Kamis, 25 Februari 2021 17:17 WIB
75x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Puteri IMABA (Ikatan Mahasiswa Bata-Bata) kembali mengadakan Virtual Sharing Session (VSS) yang ke-3 kalinya dengan mengangkat tema "Studying Abroad in Marocco: Menjadi Mahasiswa Aktif di Luar Negeri" pada Kamis, (25/02/2021) via Zoom dan Youtube.

Pada kesempatan kali ini, peserta VSS diikuti oleh beraneka ragam peserta baik dari segi basic pendidikannya, etnis, suku, ras hingga agamanya. Selain itu, acara ini dimeriahkan juga oleh peserta dari IMABA DPW Bangkalan, Jabodetabek, Jombang, Malang, DPD IAIN Madura, dan DPD IAI Al-Khairat.

Agak berbeda dengan VSS sebelumnya, pada pambahasan kali ini pemateri memaparkan kiat-kiat menjadi mahasantri (mahasiswa santri) yang tidak hanya aktif dalam akademis kampus, melainkan bagaimana mahasantri sebagai pelajar luar negeri diharapkan juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan organisasi yang ada di sana.

Sang pemateri – Salsabila Arwani atau yang kerap disapa Salsa – menyampaikan beberapa materi yang berkenaan tentang Mahasiswa Maroko, di antaranya, persiapan kuliah keluar negeri khususnya Maroko, sejarah tentang Maroko, tahapan-tahapan belajar di Maroko, dan lembaga pendidikan yang ada di Maroko berikut jalur beasiswanya.

Pemateri juga berpesan "Memiliki keinginan untuk belajar keluar negeri boleh-boleh saja, asalkan keinginan ini dibarengi dengan persiapan yang cukup juga didasari niat yang kuat bahwa kita ingin belajar, dan bukan hanya sekadar agar terlihat keren", ungkapnya di sela-sela sharing.

Selain antusiasme dari pemateri, juga terlihat dari audien yang aktif bertanya tentang perkuliahan di sana, sehingga virtual sharing session ini nampak hidup. (qmy, ara/puteriimaba)