Memperkuat Kesehatan Mental Santri Melalui Ngaji Kesehatan Mental

ADMINPESANTREN Rabu, 17 Maret 2021 11:51 WIB
287x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Muba Putri

Rabu, 17 Maret 2021 telah dilaksanakan seminar di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (MUBA) Putri yang bertema “Ngaji Kesehatan Mental: Overcoming Stigma Againt Mental Health”. Seminar ini berlasung dari pukul 08:00 hingga pukul 11:00 WIB di Mushalla Pondok Pesantren MUBA dengan topik pembahasan antara lain terkait akibat dari gangguan  mental, kesehatan mental masa kini, dan beberapa sikap negatif yang mengakibatkan mental menjadi down. Materi yang disampaikan oleh Drs, H. Ach, Hidayat, M.Pd  tersebut lebih banyak menceritakan aspek-aspek yang berpengaruh terhadap kondisi mental seperti: faktor sosial, fisik dan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Selain itu, pemateri juga menjelaskan tentang beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengasah kembali mental sehingga bisa membuat seseorang bangkit dari keterpurukan.

Ada kesalahan kita terhadap penilaian IQ menurut pemaparan pemateri, yaitu kecenderungan meremehkan kemampuan diri sendiri dan terlalu menganggap orang lain hebat. Hal ini megakibatkan pembatasan diri untuk beradaptasi lebih luas terhadap sesama, mental seperti itulah yang dapat menyebabkan stres, cemas dan depresi. Dampaknya, jika kesehatan mental terganggu, maka akan timbul gangguan mental yang dapat mengubah perilaku seseorang baik dalam beradaptasi pada lingkungan sekitar ataupun pada diri sendiri.  

Kegiatan seminar ini diisi dengan penyampaian materi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para peserta seminar. Antusiasme peserta dapat dilihat dari bagaimana mereka menanyakan terkait kondisi yang dialami mereka sehari-hari. Melalui seminar ini diharapkan agar santri mendapatkan tambahan pengetahuan terkait bagaimana caranya menjadi pribadi yang tangguh, mampu menjaga kesehatan mental masing-masing dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar. (Ieq/Mas)