Ngaji Pendidikan Inklusi: Menciptakan Pembelajaran yang Humanis melalui Pendidikan Inklusi

ADMINPESANTREN Kamis, 18 Maret 2021 12:56 WIB
217x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Muba Putri

Bata-Bata – Kepedulian masyarakat dan pemerintah tentang kehidupan anak berkebutuhan khusus (ABK) menjadi semakin baik seiring dengan perkembangan zaman. Kepedulian tersebut membangun kesadaran bahwa ABK juga memiliki hak yang sama dengan anak-anak normal pada umumnya. Dalam dunia pendidikan, hal itu terwujud dalam adanya program pendidikan inklusi yaitu sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada ABK untuk mengikuti pembelajaran bersama dengan siswa yang normal lainnya.

Menyikapi hal tersebut, Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) Putri menyelenggarakan seminar yang bertajuk, “Ngaji Pendidikan Inklusi: Pentingnya Pendidikan Inklusi untuk Anak Indonesia yang Hebat”, sebagai rangkaian kegiatan Pekan Ngaji 6.

Seminar yang dilangsungkan pada Kamis (18/03) tersebut mendatangkan Halimatus Sa’diyah, M.Pd.I. sebagai pemateri dan Masluhah Jusli bertugas memoderatori acara yang dilangsungkan di Musholla Ponpes Muba Putri tersebut. Pemateri mengungkapkan bahwa sistem pendidikan inklusi yang berkembang belakangan ini memiliki dampak dan tujuan yang positif khususnya dalam membangun pendidikan yang lebih humanis dengan usaha menumbuhkan rasa empati terhadap ABK. Selain itu, dengan pendidikan inklusi, anak-anak dengan kebutuhan khusus memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan potensi dirinya melalui support dari orangtua, tenaga pendidik, dan teman sekolahnya sebagai anak yang normal.

Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura itu juga menyampaikan bahwa tidak hanya guru dan lembaga yang memiliki tanggungjawab terhadap pendidikan ABK di sekolah inklusi, orangtua juga menjadi bagian dalam menjaga kesehatan mental anak agar tetap stabil serta berupaya untuk mengembangkan kemampuan anak yakni dengan membangun parent friendly environment (orangtua sebagai pendamping yang mampu mendukung proses belajar anak serta mencurahkan kasih sayang kepada anak. (Mas)