Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Santri

ADMINPESANTREN Senin, 22 Maret 2021 12:54 WIB
140x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Setiap rumah pasti memiliki minyak jelantah. Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat yaitu harus peduli lingkungan, kesehatan dan kebersihan. Jadi untuk mencegah sesuatu hal yang dapat menyebabkan membludaknya sampah, kita harus peduli sampah baik sampah organik ataupun non-organik. Salah satu sampah yang dapat berdampak buruk bagi lingkungan adalah minyak jelantah terlebih jika dibuang ke saluran air akan beresiko mencemari dan membuat pipa pembuangan menjadi mampet dari lemak minyak jelantah yang membeku. Kini ada tawaran agar minyak jelantah bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat dan juga dapat menghemat pengeluaran yaitu mengolah minyak jelantah menjadi sabun yang bisa digunakan pada kulit sensitif, jerawat, bisul dan bahkan bisa pula mebasmi kuman-kuman di kaki.

Menyikapi hal tersebut, Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan telah mengadakan Seminar Ngaji Pengolahan Sampah :Mengelola Minyak Jelantah Menjadi Sabun Ramah Lingkungan bersama Tim Komunitas Sahabat Bumi pada hari Senin, (22/03) sekitar pukul 08-00 WIB di Musholla Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Puteri (Ponpes MUBA). Beberapa santri antusias untuk melihat transformasi minyak jelantah yang cokelat kehitaman menjadi sabun. Secara ringkas, bahan yang digunakan dalam pengolahan minyak jelantah menjadi sabun ini adalah minyak jelantah, arang dan jahe, diaduk sampai mengental dan warnanya menyerupai mayonais atau cream, setelah itu bisa diteteskan zat pewarna lalu dicetak disusun warnanya. Jika lebih dari satu adonan atau dibuatkan pola tergantung kreativitas masing-masing. Namun setelah membeku tidak bisa langsung digunakan harus menunggu setelah 30 hari dari proses pembuatan.

Seminar ini diadakan sebagai salah satu rangkaian dalam acara Pekan Ngaji 6 (The International Event) oleh Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes MUBA). Tujuan pengangkatan tema Pengolahan Sampah ini adalah untuk menciptakan generasi cinta lingkungan, mengubah pola pikir para santri khususnya Santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Puteri. (Ieq).