Bata-Bata Siapkan Generasi Presenter Sejak Dini

ADMINPESANTREN Jumat, 16 Juli 2021 22:59 WIB
1082x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Panitia lomba Gema Takbir Idul Adha (GETARIA) 1442 H Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) Pamekasan begitu kreatif dengan menggelar lomba membaca berita. Lomba yang masih baru diadakan pada tahun ini tersebut, bertempat di Aula Perpustakaan Al-Majidiyah Jumat malam, (16/07/2021).

Peserta lomba Baca Berita merupakan delegasi dari seluruh daerah dan badan otonom yang ada di Ponpes Muba. Meski baru diadakan, ternyata lomba ini menyita antusiasme santri untuk mengikutinya. Berbagai jenis bahan berita dibawakan oleh para peserta, dari jenis berita shof news hingga hight news pun menjadi bahan bacaan di lomba tersebut. Ada dua jenis berita yakni berita berbahasa Indonesia dan berita berbahasa Madura. Peserta diperbolehkan untuk membawakan berita sendiri, namun di sisi lain panitia juga menyediakan bahan berita.

Dalam penilaian lomba ini, ada beberapa kriteria penilaian di antaranya adalah intonasi suara,  kelancaran, jenis berita yang dibacakan, jelasnya suara saat membacakan berita, kelucuan para peserta saat membawakan berita, gestur tubuh, dan nilai ilmiah berita tersebut. Lomba ini diadakan dengan beberapa tujuan salah satunya untuk menghibur para santri dengan bawaan berita yang lucu.

Selain tujuan tersebut, Ustad Syukron Makmun selaku koordinator khusus lomba Baca Berita memapaparkan tujuan tambahan lomba ini adalah “Salah satu upaya pengurus pesantren dalam mempersiapkan generasi lulusan pesantren yang berkiprah sebagai presenter. Sehingga pesantren tidak hanya dipandang dengan dunia kitab saja, akan tetapi dapat berkecimpung dalam sisi kehidupan lainnya,” jelasnya.

Hingga saat ini, sudah ada tiga delegasi yang berhasil lolos ke babak final lomba Baca Berita, yakni LPBA, Logis-FB, dan BBC-TNB. Salah seorang peserta delegasi dari Logis, Moh Sholefuddin, mengaku sangat menikmati lomba tersebut. “Ternyata yang lain sangat memukau daripada penampilan saya sendiri, bahkan ada yang seperti presenter TV ONE gaya pembacaannya, hampir sama banget, keren. Saya harus kembali berlatih untuk tampil di babak final,” ungkap santri asal Jakarta tersebut. (Aruf)