Teknologi Digital Peran Utama untuk Masa Depan

ADMINPESANTREN Jumat, 16 Juli 2021 06:23 WIB
301x ditampilkan Galeri Headline Artikel Ilmiyah Kolom Alumni

Oleh: Achmad Syuqi*

Teknologi merupakan suatu sarana yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka. Perkembangan teknologi sekarang tidak terlepas dari teknologi lama yang sudah digunakan orang dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah telepon yang merupakan alat komunikasi yang terdiri dua bagian terpisah, dimana satu digunakan untuk mendengar dan satunya lagi digunakan untuk berbicara. Teknologi telepon ini sekarang telah berkembang menjadi teknologi handphone dengan berbagai fungsi.

Peran penting dalam menyebarkan berita, informasi dan visual, teknologi digital sebagai wadah baru pers dan alat komunikasi massa. Teknologi digital dinilai punya peran penting dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik. Seperti halnya para pengguna sosial media, para penggunanya mendapatkan kemudahan dalam berkomunikasi. Baik berkomunikasi dengan teman, keluarga atau kerabat yang tidak memungkinkan dilakukan melalui face to face karena faktor jarak.

Di Indonesia yang menganut sistem demokrasi, memberikan kebebasan kepada setiap individu atau kelompok untuk terlibat di dalam proses demokrasi tentu sangat dibutuhkan. Aturan pada pasal 23 ayat (2) Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (“UU HAM”) yang berbunyi: “Setiap orang bebas untuk mempunyai, mengeluarkan dan menyebarluaskan pendapat sesuai hati nuraninya, secara lisan dan atau tulisan melalui media cetak maupun elektronik dengan memperhatikan nilai-nilai agama, kesusilaan, ketertiban, kepentingan umum, dan keutuhan Negara”.

Namun meskipun demikian, seseorang dalam mengeluarkan pendapatnya tentu harus menghargai hak orang lain, serta tunduk pada hukum yang berlaku dikarenakan semua sudah diatur oleh kebijakan pemerintah. Dalam berkomentar di sosial media misalnya, setiap individu atau kelompok saling berlomba-lomba untuk memiliki kekuasaan dengan berbagai upaya yang dilakukan. Upaya-upaya yang dilakukan seperti menghimpun massa atau melakukan kampanye agar individu atau kelompok, diakui dan didukung oleh masyarakat, karena dalam sistem demokrasi, dukungan masyarakat merupakan faktor penting. Untuk mendapat simpati atau dukungan massa secara luas, mereka para aktivis media sosial telah menggunakan media digital sebagai alat komunikasi ke khalayak publik. Tujuannya adalah teknologi digital memiliki pengaruh yang sangat besar bagi khalayak luas, selain itu media digital dapat menjangkau massa secara luas dalam waktu yang sangat singkat.

Sebagai Penggerak Massa Paling Efektif

Sejauh ini teknologi digital dianggap sebagai salah satu sarana paling efektif dalam mengetahui berbagai peristiwa. Teknologi digital juga dianggap sebagai cermin berbagai peristiwa yang ada di masyarakat dan belahan dunia. Berkaitan dengan berita terbaru di Indonesia, banyaknya kasus nasional yang diberitakan di kalangan masyarakat menjadi perdebatan di ruang lingkup media digital. Sebut saja sosial media, teknologi ini memiliki peran penting dalam menyebarkan berita secara cepat.

Yang terbaru soal kasus tenggelamnya kapal selam Nanggala 402, santer diberitakan di media masa maupun sosial media, menjadi bahan perbincangan berita nasional bahkan mancanegara. Banyak orang menanggapi hal tersebut dengan serius dan ada yang menjadi bahan candaan. Namun banyak dari para netizen simpati dan empati karena kasus tersebut agar segera diselesaikan dalam proses pencarian awak kabin 53 kru yang tenggelam bersama kapal selam Nanggala 402. Dari mayoritas yang bersimpati tadi ada segelintir orang menjadikan bahan lelucon atau candaan untuk menarik perhatian publik dengan berkomentar yang tidak sepantasnya. Ada juga kasus, Aipda Fajar Indriawan ditetapkan sebagai tersangka karena diduga telah membuat postingan negatif mengenai tenggelamnya kapal KRI Nanggala-402 beberapa bulan lalu. Postingan yang dibuat Aipda Fajar Indriawan itu sempat viral di media sosial. Kemudian, oknum Polisi tersebut langsung diciduk oleh Polda di Yogyakarta.

Dampak dari Perkembangannya

Terciptanya ruang diskusi di dunia maya berimplikasi orang satu sama lain salingmempengaruhi. Hal itu dikarenakan adanya kemungkinan kepentingan pribadi ataupun kepentingan komunitas. Tidak adanya ruang pengontrol di dunia maya pada media digital seperti halnya sosial media, berdampak pada kebenaran informasi yang tersebar yang pada akhirnya seseorang akan terpengaruh dengan berita benar atau hoax.

Saat ini kita sudah berada di tengah era serba digital, dimana setiap hal dapat kita lakukan dengan sangat mudah dan praktis. Hanya dengan menekan satu kali klik lewat ponsel pintar, banyak hal yang teratasi dalam sekejap. Hal ini sendiri tentu tidak terlepas dari dampak positif adanya perkembangan teknologi.

Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) adanya teknologi sendiri memanglah bertujuan untuk mendorong manusia agar dapat hidup lebih nyaman, makmur dan sejahtera. Oleh sebab itu, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih, manusia diharapkan dapat mengerjakan segala hal dengan lebih mudah dan praktis.

Sayangnya baik kita sadari atau tidak, namun setiap kemajuan dalam perkembangan teknologi khususnya dari kemudahan mengakses internet tentu memiliki banyak dampak bagi kehidupan sosial. Baik dampak yang sifatnya positif untuk meringankan banyak pekerjaan manusia, ataupun yang dampaknya negatif dan cenderung merusak.

Oleh sebab itu, yuk kita cari tahu apa saja dampak dari adanya perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini bagi kita sebagai makhluk sosial!

Seperti yang sudah disebutkan tadi, pesatnya perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang tentu memiliki banyak dampak positif bagi kita sebagai bagian dari makhluk sosial, di antaranya ialah sebagai berikut:

-Memudahkan kita untuk mengakses informasi secara aktual dan faktual secara cepat lewat internet

-Membuat kita lebih mudah mendapatkan layanan digital tertentu tanpa antri, misalnya pesan tiket pesawat dan belanja secara online

-Memungkinkan kita mengakses banyak hiburan lewat platform streaming film atau music

Di samping dampak-dampak positif tersebut, tentu akan ada pula dampak negatif yang ditimbulkan dari adanya perkembangan teknologi, misalnya saja seperti berikut:

-Memungkinkan beredarnya informasi atau berita bohong (hoax)

-Ketergantungan terhadap dunia maya dan menarik diri dari lingkungan sosial

-Memungkinkan mudahnya akses pornografi dan konten bajakan

Keberadaan teknologi dari masa ke masa tentu akan selalu memiliki sisi yang baik ataupun buruk sekaligus. Oleh sebab itu, kita dianjurkan untuk tetap bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada pada saat ini, agar kita bisa mendapatkan lebih banyak dampak positifnya, dan meminimalisir terjadinya dampak negatif.

*Penulis adalah alumni Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, saat ini menjabat sebagai Ketua Umum DPP IMABA.