Sambut Idul Adha dengan Lomba Keasrian Kamar

ADMINPESANTREN Senin, 19 Juli 2021 11:09 WIB
1480x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan mengadakan lomba keasrian kamar se-Bata-Bata. Lomba yang rutin diadakan setiap 2 tahun sekali tersebut dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha. Pada kesempatan tahun ini lomba diadakan di kamar santri masing-masing, Senin (19/7).

Santri dari masing-masing kamar diberikan kesempatan untuk memodivikasi kamarnya dalam kurun waktu satu minggu. Santri diberikan kebebasan mendesain kamar dengan bahan dan corak desain seperti apapun, dengan tetap memperhatikan undang-undang pesantren dan syariat Islam secara umum. “Bahan dan corak desainnya kami bebaskan. Sehingga ada santri yang pakai cat, gift, bahkan wallpaper dengan desain yang beraneka ragam dalam menghias kamarnya. Panitia hanya memberikan beberapa kriteria penilaian yang harus ada di dalam kamar, sekaligus melarang beberapa hal yang tidak sepatutnya ada di dalam kamar,” jelas Ustadz Zainal Abrory selaku koordinator Keasrian Daerah dan Kamar.

Ustadz Zainal – sapaan akrab Ustadz Zainal Abrory – turut menyampaikan kriteria penilaian dalam lomba keasrian kamar yang secara umum terbagi menjadi dua, meliputi kelengkapan administrasi kamar dan keindahan desain kamar. “Yang kami harapkan dari keasrian kamar ini tidak hanya membuat kamar santri terlihat indah dan rapi, melainkan juga layak disebut sebagai kamar seorang santri dari aspek administrasinya,” beber pria yang sekaligus menjabat sebagai Bendahara Umum Pesantren tersebut.

Setidaknya terdapat 346 kamar yang ikut serta dalam lomba keasrian tahun ini. Mulai dari kamar di daerah gedung, daerah gedek, hingga kamar-kamar di badan otonom. “Alhamdulillah, anggota kamar kami sangat antusias menyambut perlombaan ini. Bahkan selain untuk memperindah kamar, kegiatan semacam ini justru semakin menambah kekompakan para penghuni di kamar tersebut, termasuk para alumninya,” ungkap Ketua Kamar Daerah E 8 saat diwawancarai redaksi. (Ans)