MOSBA Ke-25; Upaya Mewujudkan Santri Hakiki

ADMINPESANTREN Kamis, 12 Agustus 2021 14:20 WIB
676x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – (Kamis, 12/8/21) Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) Pamekasan kembali menggelar Masa Orientasi Santri Baru (MOSBA). Kegiatan yang diprakarsai oleh Seksi Kesantrian Pondok Pesantren tersebut merupakan yang ke dua puluh lima kalinya. Dimana, Mosba tahun ini dilaksanakan menjadi empat kali tahapan yang digelar di Aula Perpustakaan Almajidiyah.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya digelar dalam dua kali tahapan, pelaksanaan Mosba tahun ini berjalan lebih fleksibel sesuai jumlah santri yang mendaftar di bidang kesantrian, “Alhamdulillah untuk tahun ini kami mendesain pelaksanaan Mosba lebih efektif dan efisien. Tidak dikejar-kejar oleh waktu sehingga Mosba dilaksanakan menjadi empat kali tahapan dengan estimasi waktu masing-masing tiga hari. Tahap I diikuti oleh santri MA dan SMK, tahap II diikuti santri MI, MTs dan SMP, tahap III diikuti oleh santri SMK dan MA lagi, dan tahap terakhir kembali diikuti oleh santri MTs, SMP, dan MA,” ujar Ustadz Abd. Salam selaku Kasi. Kesantrian Pondok Pesantren.

Di setiap tahap pelaksanaan Mosba, para peserta disuguhi beraneka macam materi seperti undang-undang pesantren, khuluqiyah, tarbiyah, ubudiyah, riyadhiyah, dan ijtima’iyah. “Lima falsafah pesantren sekaligus dengan perundang-undangannya kami jadikan materi di pelaksanaan Mosba kali ini. Itu pun yang mengisi adalah asatidz yang membidangi langsung di kelima falsafah tersebut,” tambahnya kemudian.

Dengan ini, pengurus pesantren berharap agar santri baru mampu mengenal dan berbaur dengan lingkungan pesantren yang baik, sekaligus menempa diri menjadi pribadi yang berakhlak mulia. “Kami berharap semua peserta Mosba menjadi santri yang baik, santri yang mematuhi undang-undang pesantren, santri yang bagus akhlak dan budi pekertinya, dan bisa mengembangkan potensi, bakat minatnya sesuai dengan kemampuannya. Itupun dalam rangka perwujudan visi misi pesantren sebagaimana tertuang dalam tema Mosba kali ini yaitu, Khuluq Syar’iy, Khuluq Ma’hady, Identitas Santri Hakiki,” imbuhnya menutup wawancara. (Ans)