Lagu Indonesia Raya Menggema di Halaman Madrasah

ADMINPESANTREN Selasa, 17 Agustus 2021 09:37 WIB
682x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Hari Kemerdekaan Indonesia biasanya diperingati dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih. Hal itulah yang juga dilakukan oleh santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba), Selasa, (17/08) di halaman madrasah barat pukul 07.30 WIB.

Kegiatan tersebut dipandu oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Bata-Bata yang berkolaborasi dengan Gerakan Pramuka Insan Madani (GPIM) Gugus Depan 1565 serta siswa MA jurusan IPA Taruna. Pengibaran Bendera Merah Putih sejatinya sudah menjadi program tahunan OSIS MA yang biasa disebut dengan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN). “Dalam kalender program kerja kami (red. OSIS), kegiatan ini disebut dengan PHBN, bahkan tidak hanya pengibaran bendera saja, setelah ini juga ada lomba keasrian kelas selama sepekan,” ungkap ketua umum OSIS MA, Ahmad Mahfudz.

Selain prosesi pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi dengan lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh santri, inti kegiatan ini juga diisi dengan amanat dari Dewan Madrasiyah Ponpes Muba, Ustadz Khairi Ahmad. Dalam mengawali amanatnya, beliau menyampaikan historis di balik kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. “Hari itu adalah hari Jumat, tanggal 17 Agustus 1945, pukul 10 menjelang azan Jumat. Bertepatan pada Bulan Ramadhan pula. Masyarakat Indonesia menyatakan kemerdekaannya setelah sekian abad dijajah oleh Belanda, kemudian Jepang,” papar beliau.

Beliau juga memaknai arti kemerdekaan secara kontekstual dalam kehidupan santri dan nuansa pendidikan. “Santri harus merdeka cara belajarnya, harus merdeka pola pikirnya, harus merdeka pula gaya hidupnya. Namun ingat, kemerdekaan itu bukanlah kemerdekaan dalam arti sebebas-bebasnya, namun kemerdekaan yang hakiki, yang taat aturan, dan tetap menjunjung tinggi norma-norma keislaman,” jelas beliau di akhir amanat. (Ans)