Berkah Muharram; BKPDM Santuni Santri Yatim dan Dhuafa’

ADMINPESANTREN Kamis, 19 Agustus 2021 15:53 WIB
700x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Badan Kemaslahatan Pendidikan Dhuafa’ dan Maslahatul amah (BKPDM) Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) Pamekasan menggelar santunan anak yatim dalam rangka memperingati 10 Muharram 1443 H. Kegiatan santunan tersebut diselenggarakan di aula pesantren, Kamis, (19/8) pukul 13.00 WIB.

Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Ma’hadiyah, Ketua Kopontren Auba, Ketua Biro Keuangan, sebagian asatidz, para kepala daerah, dan pengurus BKPDM. Selain itu, hadir pula simpatisan dari luar pesantren seperti, IMABA Unira, IMABA Alkhairat, Kopontren Nuri dan lainnya. Dalam kesempatan tersebut, terdapat 17 santri yatim yang mendapatkan santunan BKPDM tahun ini.

Kegiatan ini rutin diadakan bertujuan untuk membantu santri yatim ataupun santri yang tingkat perekonomiannya sangat rendah. Selain itu, pengurus BKPDM juga berharap agar para santri tidak berkecil hati dan patah semangat untuk menimba ilmu dan mengejar cita-citanya. “Santri yatim dan dhuafa’ tidak boleh patah semangat. Mereka harus mampu mengukir masa depan yang indah meski dengan keterbatasan finansial. Semoga mereka dapat belajar dari sosok Nabi Muhammad, yang meski terlahir sebagai yatim, akhirnya menjadi manusia paling mulya dan diagungkan,” ungkap ketua panitia santunan anak yatim, Ustadz Khairul Anwar.

Hal itupun selaras dengan yang disampaikan oleh Ketua Dewan Ma’hadiyah, Ustadz Nurul Hidayat, saat mengisi sambutan dalam acara tersebut. Mahasiswa Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya tersebut menyampaikan kaitannya dengan kesunnahan-kesunnahan pada tanggal 10 Muharram. “Ada banyak kesunnahan di tanggal 10 Muharram ini. Di antaranya adalah menyantuni anak yatim, begitu pula dengan berpuasa. Selain itu, banyak pula peristiwa-peristiwa penting yang terjadi bertepatan dengan Hari Asyura’ ini,” jelasnya.

Ke depan, BKPDM Ponpes Muba akan terus mengupayakan kesejahteraan bagi santri-santri yatim dan dhuafa’, sehingga tidak hanya dengan santunan 10 Muharram tiap tahunnya. “Selepas kegiatan ini, kami akan terus berupaya menyejahterakan pendidikan santri-santri yatim dan dhuafa’ di Bata-Bata. Semoga program-program yang akan kami laksanakan di kemudian hari dapat berjalan lancar, sehingga kami mohon doa dan dukungannya dari semua kalangan,” ungkap Ustadz Khoirul Umam, selaku Ketua BKPDM. (Ans)