Jumat Bersih Akbar, Tanamkan Karakter Peduli Lingkungan

ADMINPESANTREN Jumat, 10 September 2021 08:25 WIB
459x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata — Sudah menjadi rutinitas mingguan bagi santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) Pamekasan untuk  selalu membersihkan area pondok pesantren secara keseluruhan, bukan hanya halaman asrama yang rutin dibersihkan setiap harinya. Kegiatan yang sejak dulu dinamai “jumat bersih” tersebut, kini tampil beda dengan antusiasme tinggi dari segenap warga pesantren. Kegiatan peduli lingkungan dengan tajuk ‘Jumat Bersih Akbar’ tersebut dikoordinir langsung oleh segenap jajaran dewan asatidz dan penanggung jawab kebersihan (PJK), Jumat, (10/9).

Kegiatan ini ditujukan untuk menanamkan karakter peduli lingkungan pada diri santri Ponpes Muba. Dengan hal itulah, upaya hidup sehat dan jauh dari berbagai penyakit akan mudah dicapai. Abdurahman salah seorang santri mengatakan bahwa kebersihan adalah jalan menuju hidup sehat. “Saya selaku santri sangat antusias dengan adanya kerja bakti kebersihan ini, dan ini bisa menjadi jalan kita untuk menuju hidup sehat,” ungkapnya.

Bukan hanya santri, Ustad Nurul Hidayat selaku Ketua Umum Dewan Ma’hadiyah sangat antusias bahkan turut serta menemani dan menghimbau santri untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan baik di dalam kamar, asrama, halaman maupun di tempat lainnya. “Mulai sekarang mari kita jaga bersama lingkungan yang menjadi tempat tinggal kita ini, tempat di mana kita telah banyak mengambil manfaat di dalamnya, tempat yang menjadi sarana pendukung terhadap banyak kebaikan yang kita peroleh. Jangan biarkan kotor. Toh dampak baik dari kebersihannya bermanfaat untuk kita sendiri,” himbaunya.

Di sisi lain, pencemaran lingkungan – terutama area sungai – dalam keadaan musim kemarau akan mengundang banyak nyamuk sehingga mengganggu aktivitas santri. “Jangan sampai karena ulah kita sendiri, sungai tercemar dan akhirnya menjadi sarang nyamuk. Maka dari itu, jaga lingkungan kita ini, demi kesehatan kita pula nantinya,” pesan Ustadz Khoirul Anam Selaku PJK Pesantren. (Ko)