Alumni Bata-Bata Rilis Aplikasi ‘Ruangaji’

ADMINPESANTREN Senin, 13 September 2021 22:37 WIB
2184x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Berita liputan khusus seputar alumni

Bata-Bata – Ruang Ngaji Online merupakan platform yang dibentuk dan dikembangkan oleh alumni Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, untuk memfasilitasi siapa saja yang hendak belajar membaca kitab kuning dan juga memahaminya. Sudah sekitar dua tahun sejak pertama kali dibentuk, pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media grup WhatsApp, Zoom Meeting, serta dapat dinikmati secara live melalui channel Youtube. Kini Ruang Ngaji Online hadir dengan inovasi baru untuk semakin memudahkan pesertanya dalam mengaji sekaligus praktik membaca kitab kuning secara langsung. Inovasi tersebut berupa hadirnya aplikasi khusus, bernama ‘ruangaji’ yang telah dirilis pada Ahad, (25/7).

Selaku pengasuh dari Ruang Ngaji Online, Ustadz Sahrul Anam meyampaikan bahwa pembuatan aplikasi ini kurang lebih membutuhkan waktu sekitar satu tahun. Sejak tahun 2020 dimulai penyusunan konsep, hingga pengumpulan dana. Berkenaan dana yang dibutuhkan cukup besar, maka dibuatlah proposal terbuka secara online, dimana sasarannya adalah peserta yang mengikuti kursus dan juga subscriber di channel Ruang Ngaji Online. 

Dalam aplikasi ruangaji, terdapat beberapa fitur yang akan sangat membantu bagi siapapun yang hendak belajar membaca kitab kuning, antara lain;

1. Fitur Materi. Fitur ini berisi materi dasar-dasar ilmu nahwu, ilmu shorof, materi i’rob singkat kitab Fathul Qorib, dan berlanjut pada i’rob kitab Fathul Mu’in. Berharap dengan fitur ini para pengguna bisa mempelajari dasar-dasar gramatika bahasa Arab dari nol. Fitur ini dilengkapi dengan fitur tanya jawab apabila ada materi yang kurang dipahami, yang akan dijawab oleh tim ruangaji.

2. Fitur Latihan Menebak. Fitur ini dikemas semacam kuis yang berisi tebak kedudukan i’rob dan sighat (pola) kalimat. Fitur ini disajikan untuk mengukur penguasaan terhadap materi dasar nahwu-shorof yang telah dipelajari sebelumnya.

3. Fitur Analisis Kalimat. Berisi materi latihan membaca dengan dibekali kisi-kisi dalam setiap kalimatnya. Hal ini bermaksud membantu para user untuk bisa menentukan cara bacanya sesuai petunjuk kisi-kisi yang disertakan. Setelah menganalisis kata-perkata, di fitur ini disiapkan tombol untuk merekam bacaan dan dikirim kepada tim ruangaji untuk dikoreksi apakah bacaannya sudah benar atau tidak.

4. Fitur Ngaji Live via Zoom: Fitur ini sebenarnya adalah fitur lanjutan dari program ngaji online via Zoom yang diikuti oleh komunitas ngaji online sebelumnya yang tergabung via WAG. Maka dengan adanya aplikasi ruangaji, membuka ruang lebih besar kepada siapa saja untuk bisa ikut bergabung di program Ngaji Live Via Zoom.

Selain pelatihan membaca kitab kuning, Ruang Ngaji Online juga membuka kelas kajian kitab ushul fiqih. Seluruh tim mentor yang tergabung di dalamnya, merupakan alumni dari PP. Mambaul Ulum Bata-Bata, yaitu, Ustadz Sahrul Anam, S.Pd.I., Ustadz Muchtar Makin Yahya, Lc., dan Ustadz Muhajir, M.Pd. Sementara untuk tim yang menjawab pertanyaan dan koreksi bacaan secara online yaitu alumni Ruang Ngaji Online dari berbagai daerah seperti Lombok, Medan, Banten, dan Tuban.

“Meskipun belum diluncurkan secara resmi, terhitung sejak diupdate pada tanggal 30 Agustus 2021 di Play Store, tercatat sudah terdownload seribu kali lebih, dengan rating yang cukup memuaskan. Beberapa instansi pendidikan, mulai dari pesantren hingga perguruan tinggi sudah mengajukan permohonan kerja sama dengan ruangaji”, jelas Ustadz Sahrul Anam saat diwawancarai. Ia juga menyampaikan secara tertulis bahwa, “Inspirator terbangunnya aplikasi ini adalah guru besar saya, yaitu Alm. RKH. Moh. Thohir Zain Abdul Hamid. Beliau sangat mensupport aplikasi ini untuk segera dirilis dan di-launching. Satu bulan sebelum beliau wafat, beliau menanyakan hal tersebut. Namun ketika aplikasi sudah dirilis ternyata beliau sudah tiada,” ungkapnya bercerita. (Reporter Zuyyinah)