Pengurus Pesantren Sambut Santri Kembali dengan Tertib

ADMINPESANTREN Ahad, 31 Oktober 2021 10:49 WIB
707x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Hari kembali santri ke Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) pasca liburan Maulid Nabi jatuh pada hari ini, Ahad, (31/10/21). Santri dari berbagai wilayah tiba dengan tertib di kawasan Ponpes Muba sejak pukul 07.00 WIB s/d 16.30 WIB. Mereka disambut oleh jajaran pengurus Dewan Ma’hadiyah untuk melakukan registrasi kembalinya santri dan membayar keuangan syahriyah di halaman madrasah barat.

Untuk mencegah terjadinya kerumunan, santri kembali ke Ponpes Muba mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan. Bagi santri yang berasal dari wilayah Pamekasan, Sampang dan luar Madura wajib kembali sebelum pukul 14.00 WIB, sementara santri yang berasal dari Sumenep dan Bangkalan kembali sejak 14.00 WIB hingga 16.30 WIB.

Ustadz Abdus Salam selaku Kasi. Kesantrian Pondok Pesantren mengungkapkan bahwa hari kembalinya santri pada kesempatan kali ini akan berlangsung dengan tertib dan kondusif. Santri akan mendapatkan pelayanan registrasi surat jalan sebagai bukti bahwa santri kembali tepat waktu ke pesantren. “Kami mengupayakan agar data kembalinya santri ke pesantren betul-betul diketahui dan valid. Oleh karenanya, kami membuat database yang diisi oleh masing-masing petugas kesantrian saat menerima kedatangan santri,” ujarnya.

Selain registrasi surat jalan, santri juga diberikan pelayanan pembayaran keuangan syahriyah. Pengurus Biro Keuangan, Ustadz Abd. Kholik mengutarakan bahwa tersedianya pelayanan pembayaran syahriyah adalah untuk memberikan kemudahan kepada santri supaya tidak berdesak-desakan saat membayar di kantor Biro Keuangan. “Pembayaran keuangan syahriyah kali ini merupakan kedua kalinya diterapkan saat santri kembali ke pondok pesantren. Hal ini tidak lepas dari hasil evaluasi jajaran pengurus Biro Keungan atas penyediaan layanan pembayaran syahriyah saat hari kembali santri pasca liburan Ramadhan kemarin.” jelasnya. (Ans)