Founder Klinik Kepemimpinan Tanamkan Jiwa Leadership Pada Santri

ADMINPESANTREN Sabtu, 8 Januari 2022 22:40 WIB
109x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Pekan Ngaji 7

Bata-bata, Salah satu dari rangkaian seminar di acara Pekan Ngaji 7 Pondok Pesaantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) putri yakni Ngaji Manajemen Organisasi dengan tajuk, “AN Effective Leader for Building the Team” berlangsung kemarin (8/1). Acara yang digelar di Aula Ponpes Muba tersebut diisi oleh Arya Satya Rajanagara sebagai pemateri dan dimoderatori oleh Ali Ridho. 

Meskipun dikhususnya pada anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), pengurus pesantren, dan pengurus otonom, acara tersebut tetap berlangsung begitu meriah hingga ada sebaagian peserta yang tidak mendapatkan tempat duduk sehingga berdempet-dempetan. Dalam penjelasannya, pemateri menyampaikan bahwa dalam berorganisasi harus ditanamkan mindset professional pada setiap anggota. Pemahaman bahwa berorganisasi berarti bersama-sama berupaya menyelesaikan persoalan organisasi dan mengesampingkan urusan pribadi harus dipegang teguh.

Ia juga menambahkan, leadership tidak hanya dimiliki oleh ketua atau pemimpin saja. Tetapi anggota sekalipun juga harus memiliki jiwa leadership. 
“Kalian punya kesadaran menyelesaikan tanggungjawab yang sudah kalian dapatkan itu juga bentuk leadership juga. Jadi bertanggungjawabnya kepada diri sendiri dan juga atasan”, jelasnya.

Tidak hanya diisi dengan penyampaian materi, narasumber yang merupakan founder klinik kepemimpinan tersebut juga melakukan dialog interaktif dengan beberapa peserta yang menyampaikan keluhannya dalam berorganisasi. Bahkan ada sebagian peserta seminar yang menanyakan dan menceritakan seputar pengalamannya dalam berorganisasi baik terkait kinerja pribadi, beban tugas yang diberikan, hingga bagaimana menjalin komunikasi dengan sesama anggota hingga dengan pimpinan organisasi. 

Pemateri memberikan perumpamaan dalam berorganisasi, “Organisasi itu sama dengan fungsi tubuh, kepala sebagai ketua dari organisasi. Dimana tangan, kaki, juga anggota yang lainnya dikendalikan oleh kepala”. Founder Miniscus.id itu juga menjelaskan tips menjadi pemimpin yang baik dimana seorang pemimpin harus memiliki tujuan, memiliki strategi, people oriented dan tentunya menjadi tauladan bagi bawahannya. (Mth/Mas).