Syekh Ahmad Samir: Al-Quran Menjadi Petunjuk di Hari Kiamat

ADMINPESANTREN Sabtu, 8 Januari 2022 10:49 WIB
155x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Pekan Ngaji 7

Bata-Bata — Hari ketiga pelaksanaan Pekan Ngaji 7 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata Bata mengangkat tema "Peranan Al-Quran dalam Membangun Peradaban". Sebagai pemateri panitia menghadirkan Syekh Ahmad Samir Al Kannas asal Syiria di musholla putra, Sabtu (08/01/22).

Syekh Ahmad Samir Al Kannas menyampaikan bahwa al-Quran sebagai petunjuk manusia. Karena al-Quran mengajak kepada kebaikan dan merupakan fitrah yang tidak bertentangan dengan jalannya. 

"Al-Quran datang untuk mentahkim kedudukan manusia,” ungkapnya.

Syekh Ahmad Samir menjelaskan daya i’jaz al-Quran dari hukum-hukum yang selalu selaras dengan perkembangan zaman. Hal itu berlaku dari dulu hingga sekarang sehingga bisa diaplikasikan. Al-Quran dapat membantu rohani dan memberi petunjuk pada hati dan ruh manusia. 

Dia menyebutkan, di dalam hadis At-Tirmidzi bahwasanya kelak di hari kiamat akan terjadi fitnah. Dalam kondisi tersebut hanya al-Quran yang menjadi petunjuk. Sampai kapanpun al-Quran terus mengalir dan dikaji oleh manusia.

"Al-Quran merupakan informasi kejadian masa lampau atau yang akan kita lewati kelak, juga menjadi pelantara Allah dengan manusia," terangnya.

Menurutnya, peradaban al-Quran mengubah ilmu dan perkembangan zaman, juga dalam penciptaan manusia. "Kalau al-Quran setebal apapun banyak orang yang hafal," tandasnya. (AL/Rist)