Ustadz Nurullah Terbitkan Buku dari Hasil Oret-oretan

ADMINPESANTREN Sabtu, 8 Januari 2022 11:56 WIB
427x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Pekan Ngaji 7

Bata-Bata – Ustadz Nurullah, S.Pd berhasil melahirkan buku berjudul Ulumul Balaghah Fiil Qur'an Wa Kalamil 'Arabi. Karya tersebut kemudian dibedah dalam rangkaian kegiatan Pekan Ngaji 7 di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-bata putri, Sabtu (8/1/2022).

Ustadz Nurullah menyampaikan, buku yang ditulisnya membahas tentang ilmu Balaghah. Buku ini ditulis cukup singkat, yakni tidak lebih dari setahun. 

Dia menceritakan, mulanya buku ini hanya berupa oret-oretan. Ustadz Nurul mengaku penasaran dawuh dari gurunya yang menyatakan bahwa ilmu yang paling sulit adalah balaghah.

Karena itu, saat masih aktif belajar dia selalu soan kepada gurunya. Yakni pengasuh keempat Ponpes Muba RKH. Abd. Hamid AMZ dan RKH. Abd. Mu’in Bayan. Hal itu dilakukan setiap mau menghafal beberapa kitab.

"Asal muasal terciptanya buku ini karena saya bermimpi berjumpa dengan RKH. Abd. Hamid AMZ. Di dalam mimpi saya merasa dibimbing langsung oleh beliau," ungkapnya.

Selain menjadi penulis, pemateri adalah pemilik pondok pesantren kilat yang hanya berperan dalam pembelajaran ilmu balaghah. “Paling cepat untuk menghatamkan kitab ini, paling cepat 10 hari saja,” tandasnya. (Eel)