Dengan maksud untuk menciptakan suatu system keuangan yang memadai dan terencana serta tersentral, maka dipandang perlu membentuk Biro Khusus yang menangani hal tersebut. Hal ini untuk membangun tatanan ekonomi pesantren yang lebih maju agar kesejahteraan, infrastruktur dan aktivitas serta penunjangnya terpenuhi secara maksimal.

Sesuai dengan restu pengasuh No. 57/B.II/PP. MUBA/06/VII/2003 terbentuknya Biro ini agar tercipta sinergi yang baik antara Pondok Pesantren dan Madrasah serta lembaga-lembaga yang lain terutama segi finansialnya sehingga kemajuan pendidikan dan pembangunan infrastruktur Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata berjalan secara efektif dan efesien.

Lembaga ini merupakan organisasi yang diberi wewenang penuh untuk menghimpun dana dan mengelola keuangan pondok pesantren serta melayani setiap kebutuhan pondok pesantren baik kesejahteraan pengurus, infrastruktur, dll, sasaran pelayanan biro keuangan adalah Dewan Madrasiyah, Dewan Ma’hadiyah, Dewan Amnil ‘Am, Dewan Taudhifiyah dan Biro Perencanaan Pembangunan Pondok Pesantren (BP5).