Dewan Amnil ‘Am adalah instansi khusus yang ditugaskan untuk memberikan pelayanan keamanan dan ketertiban di lingkungan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Instansi ini juga sangat berperan penting untuk menegakkan kedisiplinan pada santri baik di lingkungan pesantren atau di lingkungan lembaga pendidikan formal Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata.

Dewan Amnil ‘Am juga diberikan tangggung jawab untuk menciptakan kondisi lingkungan yang mendukung terhadap kegiatan pembelajaran di Pesantren. Sehingga Personil keamanan juga ditugaskan di Pesantren khususnya pada kegiatan pembelajaran di Surau (Musholla). Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan lingkungan pembelajaran agar tetap kondusif  dan nyaman untuk aktifitas kegiatan belajar mengajar.

Instansi ini didirikan dengan target dan tujuan pertama Untuk memberikan layanan keamanan dan ketertiban dalam setiap kondisi di lingkungan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Kedua Untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan kedisiplinan dan prilaku siswa baik di Pesantren maupun di Sekolah, Ketiga Sebagai penghubung antara Pesantren dengan pihak yang berwajib berkenaan dengan santri yang terlibat dengan tindak kriminal di lingkungan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata atau di sekitarnya, Keempat Untuk  menyelesaikan msalah-masalah yang timbulnya  dari luar Pesantren dan mengarah kepada ketertiban santri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata.

Dalam hal rekrutmen personalia Dewan Amnil ‘Am secara struktural terbagi menjadi koordinator dan anggota. Koordinator direkrut dari tenaga santri yang telah selesai menjalani masa tugas. Seluruh personil Dewan Amnil ‘Am direkrut dari santri yang pendidikannnya telah berada di jenjang Madrasah Tsanawiyah (B) atau Madrasah Aliyah (A/B) Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Keanggotaan ini berlaku selama yang bersangkutan masih berstatus santri atau belum menjalani masa tugas diluar pesantren.

Secara struktural, Dewan Amnil ‘Am mempunyai badan koordinasi yang mempunyai fungsi dan tugas yang sama. Badan koordinasi tersebut adalah:

Amnil Khos
Adalah Badan Koordinasi Dewan Amnil ‘Am yang personilnya direkrut dari santri yang kriterianya tidak dibatasi pada siswa MTs dan MA B. Dan tugas pengamanan ini dikonsentrasikan pada tiap-tiap asrama pada kegiatan harian.

Laskar Mutathowwi’en
Adalah Badan Koordiasi Dewan Amnil ‘Am yang tugas pengamanannya dititik beratkan untuk membantu Personil Dewan Amnil ‘Am pada hari libur Pesantren.

Kegiatan Personil Dewan Amnil ‘Am meliputi penjagaan di Pos-Pos tertentu di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata yang tempatnya disimbolisasi dengan nama-nama dengan tujuan tertentu. Kegiatan penjagaan dan penertiban Dewan Amnil ‘Am secara terperinci meliputi: Penertiban Parkir, Penjagaan Dan Ronda, Patroli, Penjagaan Kajian, dan Penanganan Surat Idzin.