Dewan Taudzifiyah adalah Instansi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata yang ditugaskan untuk mengkoordinir pengabdian yang diwajibkan kepada lulusan Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Bata-Bata. Dewan Taudzifiyah menetapkan beberapa kriteria calon guru tugas. Kriteria tersebut digunakan sebagai tolak ukur layak dan tidaknya lulusan itu diberangkatkan tugas atau tidak. Setelah mempertimbangkan kelayakan calon guru tugas, Instansi ini juga memiliki peraturan baik pada Pananggung Jawab Guru Tugas (PJGT) atau Guru Tugas (GT)
Lulusan MA. Mambaul Ulum Bata-Bata yang telah lulus seleksi diwajibkan mengikuti program penugasan keluar selama satu tahun. seleksi guru tugas dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek calon guru tugas, meliputi:

  • Prestasi akademik atau kemampuan dalam bidang keilmuan
  • Keaktifan dan kedisiplinan selama menjadi siswa
  • Prilaku didalam dan luar kelas
  • Kebutuhan tertentu

Seleksi guru tugas diselenggarakan oleh Dewan Taudzifiyah, dengan mengikut sertakan  Dewan yang lain yang terdiri dari : 1) Dewan Ma`hadiyah, 2) Dewan Madrasiyah dan atau Wali Kelas, 3). Dewan Amnil`am. Selama menjalani masa tugas, guru tugas tidak diperbolehkan mengambil ijazah sebelum masa tugas minimal (1 tahun) selesai.