Divisi Pentashih Baca Al-Qur’an (DPBA) merupakan salah satu instansi di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, DPBA didirikan pada tanggal 15 oktober 2013 atas inisiatif pengurus Dewan Ma’hadiyah, yang kemudian diangkat pada saat rapat koordinasi bersama antara pengurus Dewan Ma’hadiyah, Dewan Madrasiyah, Taudzifiyah, Amnil ‘Am dan jajaran kepala Madrasah di lingkungan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, dan terjadi kesepakatan untuk mendirikan Divisi Pentashih Baca Al-Qur’an.

Didirikannya Divisi Pentashih Baca Al-Qur’an atau dikenal dengan DPBA, bertujuan untuk mengevaluasi dan membimbing santri didalam baca Al-Qur’an sehingga santri lulusan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata memiliki kemampauan minimal yang menjadi standar lulus pada Instansi DPBA dalam hal membaca Al-Qur’an, hal ini sangat dibutuhkan oleh para santri baik ketika diutus sebagai guru tugas, maupun ketika terjun di tengah-tengah masyarakat.

Program-Program Divisi Pentashih Baca Al-Qur’an (DPBA) ;

  1. Tes baca Al-Qur’an
    Divisi Pentashih Baca Al-Qur’an melaksanakan tes baca Al-Qur’an bagi santri pada jam 18:30 (malam) dan jam 05:30 (pagi), bagi santri yang sudah dinyatakan lulus tes akan mendapatkan sertifikat dan sertifikat tersebut dapat dijadikan bukti, mengingat syarat kelulusan di setiap jenjang pendidikan formal yang berada di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata diantaranya harus memiliki Sertifikat Bukti Lulus Tes Baca Al-Qur’an.
    Divisi Pentashih Baca Al-Qur’an juga melaksanakan pelatihan dan pembinaan Baca Al-Qur’an, untuk peserta bimbingan ini lebih di prioritaskan pada siswa kelas akhir Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dalam pelaksanaan bimbingan ini diklasifikasikan menjadi beberapa level, mulai dari level A, Level B dan Level C, sehingga bimbingan yang diikuti bisa berlanjut, dari setiap jenjang ini harus dituntaskan dalam jangka waktu 1 bulan.
  2. Bimbingan level A
    Pada level ini bimbingan difokuskan pada cara membaca Al-Qur’an yang benar seperti penguasaan tajwid (hukum nun sukun dan tanwin, mim sukun, ghunnah musyaddadah, qolqolah dan macam-macam mad) serta tiga lagu tartilul qur’an (bayati, nahawan dan jaharkah).
  3. Bimbingan level B
    Jenjang ini merupakan jenjang lanjutan dari level A, fokus bimbingan pada level ini melanjutkan dan menyempurnakan cara membaca Al-Qur’an, yaitu merupakan pengembangan dari hukum cara baca al-Qur’an dengan baik dan benar, materi tersebut meliputi makhorijul huruf dan sifatul huruf serta dua lagu Tartilul Qur’an (rosh dan sika).
  4. Bimbingan level C
    Level C merupakan level terakhir dan penyempurna dari bimbingan pada level B. materi yang dikembangkan pada Level ini meliputi ghroibul Qur’an dan ditambah 2 lagu tartilul Qur’an (shoba dan hijaz).
  5. Khotmul Qur’an
    Setiap dua minggu sekali para pengurus Divisi Pentashih Baca Al-Qur’an melaksanakan kegiatan hataman bersama dengan tujuan terciptanya suasana baca Al-Qur’an di pengurusan Divisi Pentashih Baca Al-Qur’an (DPBA) pada khususnya dan semua santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata pada umumnya.