Program pendidikan yang diselenggarakan Kabid. Pendidikan dan Pengajaran Dewan Ma’hadiyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata pada hari aktif pesantren, terdiri dari berbagai macam program dan penyelenggaraannya berada dibawah koordinasi Pengurus Dewan Ma’hadiyah. Sama halnya dengan kebanyakan pesantren lain, program ini adalah ruh dari kegiatan pesantren, mengingat sejak awal berdirinya Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, program ini pun berjalan sampai saat ini.

Program pengajian kitab kuning ini diharapkan dapat mengasah kemampuan santri dalam membaca kitab kuning yang merupakan ciri khas dari pondok pesantren. dalam aplikasinya, program pengajian kitab kuning ini diselenggarakan secara berjenjang, berdasarkan tingkat pendidikan formall santri. Adapun kitab yang dijadikan bahan kajian kitab kuning meliputi:

No Kitab Waktu Bidang
1 Al-Jurmiyah 18.30-19.00 WIB Nahwiyah
2 Al-Kailani 19.00-19.30 WIB Shorfiyah

Kajian untuk dua kitab tersebut diatas wajib diikuti oleh semua santri pada jenjang pendidikan MI A dan B, MTs A, MA A dan MA IPA Kelas 1 dan 2, serta kelas 1-2 SMK. Dua Kitab tersebut diajarakan secara turun temurun dan tidak mengalami perubahan. Kajian kitab ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang ilmu alat yang berhubungan dengan kemampuan baca kitab gundul kepada santri.
Setelah kajian dua kitab tersebut selesai, selanjutnya kajian diteruskan dengan kajian kitab pada bidang berbeda yang mengalami pergantian setelah meteri kitab tersebut khatam atau rampung. Kajian ini umumnya diikuti oleh santri dewasa yakni santri pada jenjang pendidikan MTS B, Kelas 3 SMK dan kelas 3 MA A dan IPA serta kelas 1, 2 dan 3 MA B. Kajian ini dilaksanakan di musholla Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Kajian ini bertujuan untuk membekali santri dengan pengalaman-pengalaman terhadap kitab-kitab fiqih, tafsir, tashawwuf usul fiqh dan sosial yang muqorror. Kajian tersebut untuk kali ini terdiri dari:

No Kitab Waktu Bidang
1 Minhajul ‘Abidin 19.30-20.00 WIB Tashawwuf
2 Al – Iqna’ 20.00-20.30 WIB Fiqh

Pada Siang menjelang sore hari, santri juga disuguhkan dengan kajian kitab kuning. Kitab yang dikaji Kajian ini juga tidak mengalami perubahan. Kajian kitab ini diikuti oleh semua santri pada setiap jenjang pendidikan, bertempat di musholla. dengan tujuan untuk membekali santri dengan ilmu fiqih dan tashawwuf dasar. Kajian tersebut terdiri dari:

No Kitab Waktu Bidang
1 Safinatun Najah 14.30-15.00 WIB Fiqh
2 Sullamut Taufiq 15.00-15.25 WIB Fiqh Tashawwuf
3 Bidayatul Hidayah 14.25-14.30 WIB Fiqh Tashawwuf

Kemudian, santri selain bisa mengikuti kajian kitab kunig di atas mereka juga bisa mangikutinya pada waktu shore menjelang maghrib yang mana kajian ini diisi langsung oleh Pengasuh dan Dewan A’wan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, serta kajian ini merupakan kajian yang bisa diikuti santri secara umum. Berikut ini merupakan kitab-kitab yang dijadikan bahan kajiannya ;

No Kitab Waktu Tempat
1 Riyadlul Badi’ah Setelah Jam Belajar Kantor M I
2 Ta’limul Muta’allim Tiap Pagi (Selain Hari Libur) Kantor M I
3 Minhajul Qowim Tiap Pagi Blok B
4 Kifayatul Atqiya’ Tiap Malam Liburan Blok R
5 Mukhtarul Ahadits Tiap Pagi (Selain Hari Libur) Blok R
6 Fathul Mu’in Tiap Pagi (Selain Hari Libur) Blok B
7 Ibanatul Ahkam Juz 2 Tiap Pagi (Selain Hari Libur) Blok J
8 Al-Kawakib Ad-Durriyah Tiap Pagi (Selain Hari Libur) Blok P
9 Nihayatuz Zain Tiap Pagi (Selain Hari Libur) Kantor M II
10 Tanqihul Qoul Tiap Pagi (Selain Hari Libur) Billiggual
11 Qurrotul ‘Uyun Tiap Pagi (Selain Hari Libur) LPBA
12 Nurud Dholam Tiap Pagi (Selain Hari Libur) LPBA
13 Tafsir Rowa’ iul Bayan Juz 2 Setelah Maghrib Blok H
14 Alfiyah Ibn Malik Setelah Maghrib,Tiap Malam Liburan Blok R
15 Ilmu Faraidl Setelah Jam Belajar Kantor M II
16 Fathul Jawwad Setelah Isya’ Fiki’s
17 Fathul Majid Setelah Jam Belajar Kantor M I