Informasi marupakan sesuatu yang sangat signifikan pengaruhnya terhadap pertumbuhan pengalaman seseorang. Sehingga media yang secara khusus menjembatani kebutuhan terhadap informasi juga memiliki peran yang juga signifikan. Signifikansi fungsi informasi serta medianya ini perlu dilenjutnkan dengan program khusus. Dalam hal ini, PP. Mambaul Ulum Bata-Bata menyediakan fasilitas mading pesantren yang rehabilitasinya telah dirampungkan beberapa bulan yang lalu. Mading ini berfungsi untuk ;

Pertama, Memampangkan Koran
PP. Mambaul Ulum Bata-Bata dalam memenuhi kebutuhan akan informasi berlangganan dengan Jawa Pos. Koran ini yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi santri. Pemampangan Koran ini juga diimbangi dengan kegiatan sensor. Kegiatan sensor ini bersifat sederhana, yaitu dengan menutup bagian gambar atau foto yang terkesan vulgar dan tidak etis.

Kedua, Menerbitkan Mading pesantren
Mading pesantren juga memiliki fasilitas untuk menjembatani kerativitas santri sehingga bisa dinikmati oleh santri. Dalam hal ini, pengurus pesantren membentuk tim redaksi mading yang diterbitkan tiap bulan satu kali berdasarkan kelender Hijriyah. Nama mading ini adalam MBB yang merupakan singkatan dari Buletin Bata-Bata. Slogan atau brand mading ini adalah “Salaf tapi futuristik”. Mading ini memiliki rubrik dengan penjelasan sebagai berikut ;

1. Salam Redaksi ; Pengantar Tim Redaksi
2. Opini ; Isu dan tema aktual
3. Ma’haduna ; Seputar PP. Mambaul Ulum Bata-Bata
4. Khuluquna ; Etika kepesantrenan
5. Ubuidyah ; Seputar ibadah sehari-hari
6. Ruhiyah ; Motivasi keilmuan
7. Tadabbur ; Renungan
8. Ustadzuna ; Profil tenaga pengajar senior
9. Jejak Sang Mu’allif ; Biografi para intelektual muslim

Secara struktural, tim redaksi merupakan induk dari perpustakaan pesantren. Namun, proses rekruitmennya merupakan hasil dari tindak lanjut pelaksanaan Musabaqah Ma’hadiyah ke-V dengan merekrut pemenang lomba karya tulis dari seluruh cabang dan kategori. Tim redaksi ini nantinya akan diseleksi kembali untuk diteruskan menjadi tim redaksi buletin pesantren.

Ketiga, Publikasi Informasi umum
Mading pesantren juga dilengkapi dengan fasilitas untuk mempublikasikan informasi dari seluruh instansi yang ada di PP. Mambaul Ulum Bata-Bata untuk disampaikan kepada santri secara umum. Untuk menertibkan publikasi informasi ini, maka pihak instansi yang membutuhkan penyampaian informasi menghubungi pihak petugas. Selajutnya informasi tersebut akan didokumenkan oleh pihak petugas sebagai arsip.