Semua kegiatan dan program yang diselenggarakan di MTs. Mambaul Ulum Bata-Bata mengacu pada Visi dan Misi, Penjabaran Visi dan Misi tersebut berbentuk program dan kegiatan kongkrit baik berupa kegiatan Intra Kurikuler maupun ektra kurikuler, sehingga para tenaga pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran diarahkan guna mencapai visi dan misi madrasah tersebut.

  • Visi
    • “Madrasah Yang Berkualitas dan Berbasis Keteladanan”
  • Misi
    • Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang mendorong peserta didik berprestasi, disiplin, memiliki etos kerja tinggi, kreatif, kritis, mampu meningkatkan potensi, bakat dan minat peserta didik seoptimal mungkin.
    • Meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar pendidik dan kependidikan meliputi kompetensi kepribadian, sosial, paedagogik dan profesional.
    • Melaksanakan manajemen berbasis madrasah dengan menerapkan prinsip kemandirian, partisipasi, kemitraan, transparansi, dan akuntabilitas.
    • Mengembangkan dan melaksanakan Kurikulum madrasah secara luas berdasarkan pendidikan berkarakter islami dan berbasis pondok pesantren.
    • Menumbuhkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan Din al- Islam melalui berbagai kegiatan di madrasah, Pondok Pesantren dan Masyarakat.

MTs Mambaul Ulum Bata-Bata merancang kurikulum sebagai substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai kelas VII s/d kelas IX. Dan MTs Mambaul ulum Bata-Bata melakukan system mapping class (Pemetaan kelas, Penjurusan) dengan karakteristik yang berbeda sebagai perwujudan pendidikan berbasis mutu dan berkarakter pesantren, sehingga dibentuk adanya Kelas Regular, Kelas Khusus, dan Kelas Unggulan MIPA (Sains).

Kelas Reguler atau lebih dikenal dengan istilah MTs. A, memiliki tujuan diantaranya Pertama Untuk mempersiapkan siswa dapat belajar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk kepentingan keberlangsungan pendidikan, Kedua Untuk menciptakan anak cerdas dan Anak berbakat serta memiliki keterampilan hidup (Life skill) guna bisa berkompetisi dalam kehidupan sosial.
Kelas khusus atau MTs. B adalah program pendidikan formal yang berbasis pendidikan berkarakter pesantren yang merupakan program pesantren yang harus menjadi ciri khas pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata yang diikuti oleh semua jenis lembaga yang berada di lingkungan pesantren termasuk di MTs Mambaul ulum Bata-Bata.

Program kelas Khusus ini bertujuan Untuk mempersiapkan siswa dapat belajar di jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk kepentingan keberlangsungan pendidikan, selain itu juga Untuk menciptakan anak cerdas dan Anak berbakat serta memiliki keterampilan khusus dibidang penguasaan dan pengembangan Kutub al Diniyah.
Sistem pembelajaran pada kelas Khusus diatur dengan Melakukan pemetaan konsep kompetensi yang memungkinkan dilakukan sistem pembelajaran Akseleratif dan pengayaan. Mengingat bahwa SK KD dua semester diberikan pada semester satu, kemudian pada semester kedua dilakukan sistem pengayaan dan uji kompetensi pada setiap akhir tahun, selain itu juga menggunakan Sistem Pull Out dan Cluster melalui sistem kelompok yang dapat memungkinkan melibatkan anak cerdas di Mapping kelas lainnya dapat belajar bersama pada sistem ini.

Kelas unggulan MIPA ialah kelas bagi siswa pilihan yang berkeinginan untuk mengembangkan kompetensi di bidang Matematika dan IPA (Saint), program ini bertujuan Pertama Untuk mepersiapkan siswa dapat belajar di perguruan tinggi pada jurusan-jurusan MIPA atau teknologi untuk kepentingan tenaga pendidik di lembaga pendidikan Mambaul Ulum Bata-Bata, Kedua Untuk mempersiapkan anak cerdas istemiwa (ACI) dan Anak berbakat istimewa (ABI) untuk mengikuti ajang kompetensi di semua jenjang.
Sistem pembelajaran pada kelas Ungulan dengan Melakukan pemetaan konsep kompetensi yang memungkinkan dilakukan sistem pembelajaran Akseleratif dan pengayaan. Mengingat bahwa SK KD dua semester diberikan pada semester satu, kemudian pada semester kedua dilakukan sistem pengayaan dan uji kompetensi pada setiap akhir tahun, dan juga melakukan Sistem Pull Out dan Cluster melalui sistem kelompok yang dapat memungkinkan melibatkan anak cerdas di Mapping kelas lainnya dapat belajar bersama pada sistem ini.

Melakukan karantina sistem dalam penguatan kompetensi, Program kelas unggulan MIPA akan banyak diperkenalkan dengan pembelajaran berbasis IT (Pendekatan Cybernatik) yang mendukung kemampuan MIPA dan teknologi dan penguasaan Tiga Bahasa untuk mendiskripsikan dan menyampaikan kompetensi dengan Tiga Bahasa, struktur Kurikulum Kelas Unggulan MIPA Memuat 14 mata pelajaran, di samping menitikberatkan pada mata pelajaran yang menjadi karakteristik keunggulan MIPA yaitu : Matematika, IPA, TIK, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “IPA Terpadu” dan “IPS Terpadu”. Dan untuk kegiatan bimbingan belajar khusus penguatan kompetensi dan prestasi dilakukan pembelajaran pada masing-masing kajian/sub mata pejaran IPS (Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi) dan pada kajian/sub mata pelajaran IPA (Biologi, Fisika, Kimia, Astronomi) serta Memuat mata pelajaran Muatan Lokal ciri khas keunggulan MIPA yaitu : Bimbingan Membaca Kitab (Metode Praktis) dan Bina OSN ( olimpyade sains nasional ).