Kurikulum yang digunakan SMK. Mambaul Ulum Bata-Bata berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 yang diintegrasikan dengan Kurikulum Berbasis Pesantren, yang terdiri ; Pengetahuan umum yang di ajarkan kepada siswa/siswi didik yang terdiri atas mata pelajaran Bahasa, Matematika, PAI, Fisika, Biologi, Komputer, sedangkan untuk Mata pelajaran produktif sesuai dengan program keahlian siswa/siswi, Selain pengetahuan umum dan mata pelajaran produktif, siswa/siswi didik juga dibekali dengan Mata Pelajaran Agama berbasis pesantren/kitab. Seperti Tafsir Sains, Gramatika Arab / Nahwu, Tauhid, Fiqh dan Akhlaq.

Selain konten kurikulum yang dibagi berdasarkan karakteristik diatas, SMK. Mambaul Ulum Bata-Bata mengajarkan Mata diklat kepada siswa sebagai penunjang bagi pengetahuan siswa yang bersifat praktikum/keahlian. Seperti Bimbingan Membaca & Memahami Kitab Kuning (BMK) sebagai implementasi dari kurikulum berbasis pesantren, Perakitan Otomotif, Perakitan Mesin, Robotik, Microcontroller, Membatik, serta Inovasi Teknologi lainnya.

SMK. Mambaul Ulum Bata-Bata membuka beberapa Program Keahlian, Tekhnik Otomotif Kendaraan Ringan, Tekhnik Otomotif Sepeda Motor, dan Tekhnik Elektronika Audio Video untuk Putra, sedangkan program keahlian untuk putri yaitu Tata Boga dan Tata Busana, semua kegiatan yang mengarah pada pembinaan peserta didik di SMK. Mambaul Ulum Bata-Bata, berpedoman pada Visi, Misi, Dan Tujuan Madrasah.

  • Visi
    • Lulusan berwawasan IMTAQ dan IPTEKS yang Kompetentif dan Kompetitif, Beretos Kerja dan Professional.
  • Misi
    • Meningkatkan penguasaan kompetensi IMTAQ dan IPTEKS melalui pembelajaran berbasis mutu.
    • Mengembangkan potensi, bakat, minat, dan etos kerja melalui pendidikan berbasis profesi, pendidikan berbasis tenologi, pendidikan berbasis lingkungan, pendidikan berbasis kejuruan dan life skill.
    • Mengembangkan profesionalitas dan etos kerja melalui pemerkayaan orientasi dunia industry teknologi tepat guna , dunia usaha, dan dunia kerja
  • Tujuan
    • Untuk mencetak peserta didik yang memiliki kompetensi IMTAQ agar menjadikan sebagai sumber nilai dan sumber motivasi dalam mengelola, memelihara, dan memanfaatkan sumber daya alam secara professional dan beretos kerja dalam dunia usaha dan dunia kerja di bidang elektronika dan teknologi mesin, serta dunia industry teknologi tepat guna.
    • Untuk mencetak peserta didik yang memiliki kompetensi IPTEKS agar menjadikan sebagai landasan teoritik dan praktis dalam mengelola, memelihara, dan memamnfaatkan sumber daya alam secara professional dan beretos kerja dalam dunia usaha dan dunia kerja di bidang elektronika dan teknologi mesin, serta dunia industry teknologi tepat guna.
    • Untuk mengembangkan kecakapan hidup (life skill) peserta didik berdasarkan potensi, bakat, minat yang dimilikinya secara optimal agar menjadikan kecakapan hidup teknologi tepat guna, elektronika, dan teknologi mesin menjadi profesi bagi peserta didik yang bermakna bagi kehidupannya kelak.
    • Untuk membangun kesadaran peserta didik membuka wawasan dan pengalaman melalui orientasi pemerkayaan ke dunia usaha, dunia kerja dan dunia teknologi tepat guna agar motivasi belajar peserta didik lebih meningkat dan bermutu, serta semangat kerja di bidangnya lebih kompetentif dan kompettitif.