Bekali Santri Menjadi Orangtua Hebat Masa Depan

ADMINPESANTREN Ahad, 21 Maret 2021 21:44 WIB
134x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Muba Putri

Bata-Bata – Usia dini disebut juga masa keemasan (the golden age). Jika berbicara tentang Golden Age, maka perlakuan yang diberikan kepada anak setidaknya harus positif. Jangan membiarkan kata-kata kasar tumpah pada anak-anak apalagi anak usia dini. Masa Golden Age berlangsung pada rentang usia 0-6 tahun. Bapak Syarief Ahmad selaku pemateri  menjelaskan bahwa informasi seperti apapun yang disaksikan oleh anak, anak tidak akan melihat baik buruknya informasi tersebut. Jadi hati-hati dalam megeluarkan ucapan ataupun bertindak pada anak karena seringkali kita melihat anak yang perilakunya belum dikategorikan siap dalam hidupnya.

Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2021 di Musholla Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Puteri (Ponpes Muba). Saat berlagsunnya seminar ini salah satu audien yang mengalami kekerasan dari orang tuanya meminta solusi dari masalah tersebut sehigga ia sangat membenci orang tuanya lalu pemateri memberi saran agar melakukan terapi butterfly hug (pelukan kupu-kupu) untuk mengatasi kecemasan dan lakukan secara berulang-ulang karena saat kita merasa cemas maka dengan metode terapi tersebut hati kita bisa menjadi lebih lapang dan tugas orang tua memberikan kasih sayang pada anaknya.

Dalam penjelasannya beliau juga berpesan agar santri sebagai calon orangtua dapat menanamkan dalam hati tentang kata-kata yang positif seperti halnya “Aku akan menjadi orang tua yang disayangi anak-anakku” karena dengan begitu kita akan dilatih bagaimana caranya agar menjadi orang tua yang baik dan bisa menunjukkan prilaku yang baik karena anak suka meniru orang-orang terdekatnya apalagi orang tuanya sendiri.(Ieq).