Kajian Kitab Kuning; Momen Mengkhatamkan Satu Kitab Penuh

ADMINPESANTREN Selasa, 13 April 2021 11:08 WIB
78x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) setiap bulan Ramadhan rutin mengadakan kajian kitab kuning. Kegiatan tahunan tersebut tidak luput pula diagendakan tahun ini dengan varian kitab yang berbeda-beda. Kegiatan kajian kitab kuning tersebut dilaksanakan sepanjang hari hingga setelah shalat tarawih, sejak Selasa, (13/4/21) sampai dengan Jumat, (23/4/21) bertempat di mushalla dan congkop/pesarean masyaikh Ponpes Muba.

Kitab yang dikaji meliputi Tafsir al-Jalalain Juz I dan II, Fathul Qarib al-Mujib, Ta’lim al-Muta’allim, Sullam al-Munajat, Riyadul Badi’ah, Al-Kawakib al-Durriyah, Qotrul Ghaits, Mau’idul Usfuriyah, dan Qami’ut Tughyan. Kajian kitab-kitab tersebut diampu langsung oleh Pengasuh Ponpes Muba, RKH. Moh. Thohir Abd. Hamid, RKH. Moh. Ismail Abd. Qodir, Ketua Dewan Ma’hadiyah, dan sebagian asatidz senior.

Ka. Dewan Ma’hadiyah II, Ustadz Umarul Faruq Abd. Adhim, mengutarakan bahwa kegiatan kajian kitab kuning yang biasa diistilahkan sebagai khataman di kalangan santri merupakan kegiatan rutin Ponpes Muba selama Bulan Ramadhan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengisi kegiatan santri yang menjalani ibadah puasa Ramadhan di Pondok Pesantren. “Pondok pesantren memberikan sarana kegiatan-kegiatan bagi santri yang kembali ke pesantren saat bulan puasa. Ada kegiatan yang sifatnya kajian kitab, ada pula berupa kursus program akselerasi”, jelasnya.

Syaiful, salah seorang santri asal Ambunten, memberikan alasannya memilih mengikuti kajian kitab di Ponpes Muba, dari pada menikmati liburan bulan Ramadhan di rumah, “Saya ingin punya kitab yang penuh makna, khatam sampai tuntas. Kalau di hari-hari aktif sulit untuk mengkhatamkan satu buah kitab penuh, karena terkadang banyak halangan seperti sakit dan lain-lain”, paparnya. (Nad)