Pemberangkatan Guru Tugas; Mengajar adalah Jalan Surga

SAJJAD Jumat, 4 Juni 2021 20:57 WIB
1330x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) resmi memberangkatkan guru tugas sebagai duta pesantren yang akan mengabdi di berbagai wilayah di seluruh Nusantara. Acara pelepasan guru tugas tersebut dilaksanakan di mushalla utama putra, Kamis, (4/6/21) sejak pukul 07.30 s/d 12.30 WIB. 


Acara tersebut dihadiri langsung oleh pengasuh Ponpes Muba, RKH. Moh. Thohir Abd. Hamid, jajaran kepengurusan Dewan Taudhifiyah, para penanggung jawab guru tugas (PJGT), 476 orang guru tugas, serta tamu undangan lainnya. Acara yang diisi dengan pembacaan Surat Keputusan tentang undang-undang bagi penanggung jawab guru tugas (PJGT) maupun guru tugas (GT) tersebut berlangsung dengan khidmat. Tidak hanya itu, pengasuh Ponpes Muba turut memberikan prakata sambutan dalam acara tersebut. 


Dalam sambutannya, RKH. Moh. Thohir Abd. Hamid menegaskan bahwa guru tugas adalah kebanggaan pondok pesantren untuk membawa nama harum almamaternya. “Saya tidak akan berubah, saya adalah putra abah saya (red. RKH. Abd. Hamid). Abah saya sayang dengan PJGT, namun beliau lebih sayang kepada guru tugas,” dauh beliau. 


Beliau pun menambah perihal tugas utama dari pengabdian seorang guru tugas. “Kalian adalah guru tugas, bukan murid tugas. Jadi, bagaimanapun keadaannya, kalian punya kewajiban untuk mengajar, dan itu adalah jalan surga, al-ta'lim sabilul jannah,” jelas beliau. (Ans)