Meriah; Pembukaan Getaria 1443 H

ADMINPESANTREN Kamis, 23 Juni 2022 22:26 WIB
346x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Sehubungan dengan dekatnya hari raya Idul Adha 1443 H, Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata menggelar acara pembukaan lomba Getaria (Gema Takbir Idul Adha) 1443 H. Getaria merupakan ajang perlombaan tahunan di lingkup pesantren yang pesertanya terdiri dari santri aktif. Mereka didelegasikan oleh asrama atau badan otonomnya masing-masing. Pembukaan lomba Getaria kali ini terlaksana dengan lancar, pada Kamis malam (23/06/2022) di halaman madrasah barat.

Acara pembukaan lomba Getaria seperti biasa dipenuhi seluruh santri yang antusias menyimak jalannya acara. Selain itu, acara turut diramaikan oleh segenap asatidz dan pengurus pesantren, termasuk jajaran Ketua Dewan Ma’hadiyah. Demi jalannya acara agar berjalan dengan baik, personel Dewan Amnil ‘Am ikut hadir berkontribusi mengamankan acara.

Pembacaan Surah al-Fatihah menjadi pembuka acara yang disampaikan langsung oleh ustadz Umar Faruq Abdul Adhim, selaku Ketua II Dewan Ma’hadiyah. Acara kedua adalah Tilawatul Quran yang dilantunkan oleh ustad Abd. Adhim. Beliau yang sudah berpengalaman di bidang tilawah membuat hadirin senyap selama 15 menit, menghayati bacaan al-Quran yang dibawakannya. Sholawat Nabi Muhammad pada acara ketiga yang dibawakan oleh ananda Syahreza turut menambah kemeriahan dan khidmat acara tersebut.

Sambutan merupakan acara keempat yang disampaikan oleh ustad Nurul Hidayat sebagai Ketua Umum Dewan Ma’hadiyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Setelah itu, acara kemudian berlanjut pada peresmian lomba Getaria yang ditandai dengan penerbangan balon Getaria oleh ustadz Kholilurrahman. “Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini kami buka dan resmikan acara lomba Getaria (Gema Takbir Idul Adha) 1443 H”, ucap beliau sebelum menerbangkan balon ke udara.

Menurut Ketua I Dewan Ma’hadiyah tersebut, lomba Getaria kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dari segi jenis lomba yang akan dipertandingkan. Seperti halnya lomba dubbing suara yang pertama kalinya diadakan di kesempatan Getaria tahun ini. Selain itu, setiap delegasi akan dinilai dari segi kreativitas dan kekompakannya. Acara tersebut kemudian diparipurnai dengan pembacaan doa, yang dpimpin langsung oleh ustad abdul basith, selaku Ka.Bid Otonom Pondok Pesantren. (HNF/REV)