Ikuti BMB 10, Delegasi Pesantren se-Jawa-Madura Tiba di Bata-Bata

ADMINPESANTREN Senin, 8 Januari 2024 11:53 WIB
304x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Majelis Musyawarah Kutubuddiniyah (M2KD) kembali menyelenggarakan Bahtsul Masail Bata-Bata (BMB) pada pada Senin (08/01).  BMB merupakan acara rutinan yang digelar setiap tahun. Terhitung, acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut merupakan kali ke-10 dilaksanakan di Pondok Pesatren Mambaul Ulum Bata-Bata.

Bahtsul Masail Bata-Bata (BMB) mengalami perubahan semenjak BMB yang ke-9. Sebelum BMB 9, BMB hanya dilaksanakan di internal Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Pesertanya hanya terdiri dari utusan Lembaga Pendidikan Pengembangan (LPP) dan Lembaga Pendidikan Dasar (LPD) internal pesantren. “Setelah gagasan untuk memperluas wilayah BMB disetujui dengan sangat antusias oleh pengasuh, maka sampai sekarang dan selanjutnya insyaallah akan terus dilaksanakan dengan sedemikian,” ujar Usman, salah satu panitia BMB 10.

Tercatat, 90 delegasi pondok pesantren dari berbagai penjuru Jawa dan Madura yang mengikuti BMB kali ini. Para peserta bahtsul masail tiba semenjak menjelang subuh jam 03.30 WIB Senin (08/01). Panitia beserta asatidz menyambut para peserta dengan antusias, kemudian mengarahkan ke kamar untuk beristirahat di LPP M2KD.

Pembukaan dilaksanakan pada Senin malam (08/01). Bertempat di halaman kantor Dewan Ma’hadiyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, semua peserta bahtsul masail mengikuti acara pembukaan. Acara pembukaan sekaligus jalsah pertama itu berlangsung meriah. Para asatidz beserta santri tampak antusias mengikuti rangkaian acara dan menyimak jalannya bahtsul masail.

Ustadz Nurul Hidayat, M.Pd., Ketua Umum Dewan Ma’hadiyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata memberikan sambutan pada acara tersebut. Pria lulusan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surabaya itu menggantikan RKH. Moh. Faisol AH., pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata yang tidak bisa hadir langsung pada pembukaan BMB 10 karena memiliki halangan. “Doa dari beliau, semoga acara ini berjalan lancar sampai selesai,” ucapnya. (fath/frn/rjl)